Kompas TV regional berita daerah

UTBK UNS Solo, Peserta Difabel Tempati Ruang Khusus

Kompas.tv - 16 April 2021, 15:24 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SOLO, KOMPAS.TV - Universitas Sebelas Maret, Solo, Jawa Tengah menyiapkan ruang khusus bagi penyandang disabilitas yang akan mengikuti Ujian Tertulis Berbasis Komputer atau UTBK. Seleksi bersama masuk Perguruan Tinggi Negeri. Calon mahasiswa ditempatkan di ruang terpisah dan jaga jarak juga diatur untuk memudahkan pendampingan.

Lima orang penyandang disabilitas mendaftar sebagai calon mahasiswa Universitas Sebelas Maret, Solo, Jawa Tengah. Sebelum mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer atau UTBK, seleksi bersama masuk Perguruan Tinggi Negeri, para peserta ujian harus membawa surat keterangan negatif Covid-19. Meski begitu, protokol kesehatan ketat tetap diterapkan selama ujian tertulis berbasis komputer berlangsung.

Para peserta ujian khusus disabilitas sudah disediakan ruang khusus yang terpisah, karena mereka harus menjawab soal yang dibacakan komputer sehingga membutuhkan suasana yang tenang. Persiapan sudah dilakukan termasuk belajar materi lewat aplikasi audio.

Panitia sendiri juga sudah menyiapkan alat tulis braille dan juga komputer khusus untuk ujian. Ada aplikasi yang akan membantu peserta ujian dalam mengerjakan soal dan saat pengisian lembar jawaban.

Walaupun diperlakukan khusus, namun untuk bobot soal ujian serta waktu pengerjaan tidak ada perbedaan dengan peserta ujian lainnya. UTBK di UNS Solo saat ini baru memasuki gelombang pertama dan ada 5 peserta disabilitas netra dan 1 orang disabilitas daksa.

#UniversitasSebelasMaret #UTBK #PerguruanTinggiNegeri

 

 


 


 


 


 


 


 

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x