Kompas TV nasional hukum

GMNI: Pancasila adalah Plat Merah, Program 'Nation and Character Building' Harus Diaktifkan Kembali

Jumat, 16 April 2021 | 15:34 WIB
gmni-pancasila-adalah-plat-merah-program-nation-and-character-building-harus-diaktifkan-kembali
Ilustrasi mata kuliah Pancasila yang bersama Bahasa Indonesia tetap jadi mata kuliah wajib di perguruan tinggi. (Sumber: Kompas/TotoSihono)

JAKARTA, KOMPAS.TV -  PP 57 tahun 2021 yang baru saja dikeluarkan menuai kritik dari Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI).

 Dalam Peraturan Pemerintah Nomor 57 tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan yang tidak mencantumkan Pancasila sebagai mata pelajaran/mata kuliah wajib di seluruh jenjang pendidikan.

Dalam siaran persnya, Jumat (16/4/2021) Ketua DPP PA GMNI Bidang Ideologi, Nanang T. Puspito menjelaskan, kelemahan fundamental dari peraturan tersebut berpotensi melemahkan upaya Bangsa ini dalam Nation and Character Building, berupa pengarusutamaan Pancasila ke dalam semua sektor kehidupan terutama di sektor pendidikan.

Baca Juga: Merespon Usulan BPIP, Kemendikbud Pertimbangkan Mata Pelajaran Pancasila Masuk Kurikulum

Intoleransi dan radikalisme agama yang tumbuh subur di kalangan generasi muda seharusnya bisa diselesaikan dengan melakukan internalisasi nilai-nilai Pancasila melalui penyelenggaraan mata pelajaran maupun mata kuliah Pancasila di seluruh jenjang pendidikan.

Negara harus memandang bahwa mata pelajaran ataupun mata kuliah Pancasila adalah pelajaran plat merah yang merupakan tanggungjawab negara. 

Oleh karena itu penetapan Pancasila sebagai mata pelajaran/mata kuliah wajib harus dicantumkan dan diperkuat dalam PP.

Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Eddward S Kennedy





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
19:45
PELATIH TIMNAS INDONESIA SHIN TAE-YONG TARGETKAN KEMENANGAN DALAM LAGA KUALIFIKASI PIALA DUNIA PADA JUNI 2021   INDONESIA KECAM PENGUSIRAN PAKSA WARGA PALESTINA OLEH POLISI ISRAEL SAAT TARAWIH DI MASJID AL AQSA DI JERUSALEM   HARI INI PANGLIMA TNI DAN KAPOLRI TINJAU POS PENYEKATAN ARUS MUDIK 2021 DI TOL PEJAGAN KM 248 BREBES, JATENG   PEMPROV DKI JAKARTA MENOLAK 1.132 PENGAJUAN SURAT IZIN KELUAR MASUK (SIKM) DARI TOTAL 2.189 PERMOHONAN PADA 6-8 MEI 2021   POLDA METRO JAYA AKAN KERAHKAN PERSONEL TAMBAHAN UNTUK ANTISIPASI PENEROBOSAN POS PENYEKATAN MUDIK LEBARAN   PEMERINTAH PERKETAT PELABUHAN MERAK-BAKAUHENI YANG MERUPAKAN PINTU KELUAR MASUK DARI PULAU JAWA KE PULAU SUMATERA   MENKES: MASYARAKAT YANG BEPERGIAN DARI & KE SUMATERA, WAJIB LAMPIRKAN SURAT BEBAS COVID-19 MELALUI TES USAP ANTIGEN   MENKES BUDI GUNADI SADIKIN: KASUS MUTASI VIRUS KORONA BANYAK DITEMUKAN DI PULAU SUMATERA, TERUTAMA DI PALEMBANG   KOMBES POL HENGKI HARYADI TEGASKAN PELANGGAR KERUMUNAN DI MASA PANDEMI COVID-19 DAPAT DIPIDANA   KAPOLRES METRO JAKARTA PUSAT KOMBES POL HENGKI HARYADI MELARANG SEGALA BENTUK KERUMUNAN SAAT MALAM TAKBIRAN    TIGA HARI LARANGAN MUDIK, PT JASA MARGA MENCATAT 245.496 KENDARAAN MENINGGALKAN JABODETABEK MELALUI JALAN TOL   EGM BANDARA HALIM PERDANAKUSUMA NANDANG SUKARNA: BANYAK MASKAPAI BERALIH JADI ANGKUTAN KARGO SAAT LARANGAN MUDIK   SEJAK LARANGAN MUDIK, HANYA SATU PENERBANGAN NIAGA DARI BANDARA HALIM PERDANAKUSUMA   PATROLI LAUT KEMENHUB CEGAT TIGA KAPAL “SERVICE BOAT” YANG NEKAT ANGKUT PEMUDIK DI PESISIR TELUK JAKARTA