Kompas TV advertorial

Balitbangkumham Ingatkan Pencurian Konten Youtube Bisa Dikenai Sanksi Pidana

Jumat, 16 April 2021 | 13:59 WIB
balitbangkumham-ingatkan-pencurian-konten-youtube-bisa-dikenai-sanksi-pidana
Ilustrasi kreator konten di platform streaming video Youtube. (Sumber: idcloudhost.com)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Penelitian dan Pengembangan Hukum dan HAM Kemenkumham RI (Balitbangkumham) memandang perlindungan hak moral dan ekonomi terhadap para content creator di Youtube penting dilakukan.

Pasalnya, kasus pencurian konten sinematografi tengah marak melanda para kreator. Bahkan, media massa daring juga dilihat sebagai salah satu pihak yang sering mencatut konten Youtube untuk melengkapi isi berita tanpa disertai izin kepada kreatornya.

Salah satu kasus yang ramai menjadi perbincangan belakangan ini adalah pencurian konten Youtube milik Deddy Corbuzier. Seseorang telah meng-upload ulang konten miliknya di aplikasi musik Spotify tanpa pemberitahuan apa pun.

Pria yang pernah bergelut di dunia sulap ini memang mempunyai konten podcast sangat popular dengan 13 juta lebih pengikut.

Baca Juga: Langgar Hak Cipta Lagu, TikTok Digugat Rp13 M

Contoh lain, kasus pencurian konten pernah dilakukan akun Youtube ‘Calon Sarjana’. Akun tersebut diketahui telah mencuri konten dari kreator luar negeri, yakni JT.

Perbuatan yang dilakukan oknum-oknum tersebut merupakan bentuk pelanggaran hak cipta yang bisa dituntut pertanggungjawabannya.

Penulis : Elva Rini





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
05:01
TINJAU LARANGAN MUDIK DI PELABUHAN MERAK, KETUA DPR PUAN MAHARANI MINTA DISTRIBUSI LOGISTIK JANGAN TERGANGGU    MUDIK DILARANG, TRAFIK TRUK DARI JAWA KE SUMATERA NAIK 24 PERSEN   SEBANYAK 5.000 KENDARAAN PEMUDIK DIMINTA PUTAR BALIK DI POS PENYEKATAN TANJUNGPURA, KARAWANG, JABAR    PEMKAB PATI, JATENG, PERKETAT AKSES MASUK KE PERUMAHAN RSS SIDOKERTO SETELAH 56 WARGA PERUMAHAN TERPAPAR COVID-19    DIRLANTAS POLDA BANTEN KOMBES RUDY PURNOMO: SEJUMLAH TEMPAT WISATA BANTEN BUKA SECARA TERBATAS SAAT LIBUR LEBARAN    POLDA BANTEN MELARANG MASYARAKAT DARI LUAR WILAYAH BERKUNJUNG KE TEMPAT WISATA DI BANTEN    SELAMA MASA LARANGAN MUDIK, KEMENHUB KURANGI OPERASIONAL DERMAGA DAN KAPAL DI MERAK-BAKAUHENI    HARI KEEMPAT LARANGAN MUDIK, SEBANYAK 100 KENDARAAN DI POSKO PENYEKATAN KOTA TANGERANG DIMINTA PUTAR BALIK    KADISDIK: PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) DKI JAKARTA JALUR PRESTASI TAK MENGGUNAKAN SYARAT BATAS USIA   PEMPROV DKI JAKARTA MENERIMA 2.189 PERMOHONAN PEMBUATAN SURAT IZIN KELUAR MASUK (SIKM) SEJAK 6-8 MEI 2021   SERIKAT PEKERJA SELURUH INDONESIA: MASIH ADA PERUSAHAAN DI KOTA TANGERANG YANG BELUM LUNASI THR TAHUN LALU    KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO TEGASKAN DAERAH ZONA MERAH COVID-19 TAK BOLEH BUKA TEMPAT WISATA    WAKIL KETUA KPK NURUL GHUFRON PASTIKAN TAK ADA PEGAWAI YANG DIBERHENTIKAN KARENA TAK LOLOS TES WAWASAN KEBANGSAAN    KPK AKAN BERKOORDINASI DENGAN KEMENPAN RB DAN BKN TERKAIT TINDAK LANJUT 75 PEGAWAI YANG DINYATAKAN TIDAK LOLOS TWK