Kompas TV nasional update corona

Dinas Kesehatan Sleman Optimistis Vaksinasi Lansia Selesai Akhir Mei 2021

Kompas.tv - 16 April 2021, 13:16 WIB
dinas-kesehatan-sleman-optimistis-vaksinasi-lansia-selesai-akhir-mei-2021
Ilustrasi Vaksinasi untuk Warga Lansia (Sumber: Kemenkes RI)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Eddward S Kennedy

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Hingga kini, program vaksinasi Covid-19 masih berlangsung di beberapa kabupaten/kota di Indonesia. Selain para guru pendidik di sekolah, kini vaksin juga diberikan untuk para warga lanjut usia (lansia) yang berusia 60 tahun ke atas.

Baca Juga: Antisipasi Penyebaran, Jawa Barat Geber Vaksinasi Lansia

Salah satu kabupaten/kota yang tengah melangsungkan program vaksinasi ialah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Melalui Dinas Kesehatan Kabupaten, Sleman kini tengah mempercepat pelaksanaan vaksinasi pada lansia.

"Kami optimistis mampu segera menyelesaikan vaksinasi terhadap lansia, yang diharapkan selesai akhir Mei 2021," kata Pelaksana Harian Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman, Atikah Nurhesti, Jumat (16/4).

Atikah menjelaskan, hal ini dilakukan karena mengingat lansia merupakan salah satu kelompok paling rentan terhadap penularan Covid-19. 

Ia mengimbau bagi warga lansia yang sudah mendaftar dapat langsung menjalani vaksinasi di puskesmas terdekat dan tetap patuh terhadap protokol kesehatan.

Targetnya pada 16 April 2021, Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman dapat melakukan pemetaan fasilitas pelayanan vaksinasi bagi warga lansia di 24 rumah sakit, 25 puskesmas, serta fasilitas layanan vaksinasi secara massal. 

Sementara untuk warga lansia yang belum mendapatkan vaksin, hingga saat ini masih dalam proses pendataan.

Dalam hal ini, Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman bekerjasama dengan instansi lintas sektor untuk membantu pendataan terhadap warga lansia yang belum menerima vaksin.

Baca Juga: Komunitas Tionghoa Turut Serta dalam Mempercepat Vaksinasi Lansia dan Guru di Bandung



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.