Kompas TV internasional kompas dunia

Pentagon Konfirmasi Keaslian Video UFO Tahun 2019, Begini Penampakannya

Kompas.tv - 16 April 2021, 13:02 WIB
pentagon-konfirmasi-keaslian-video-ufo-tahun-2019-begini-penampakannya
Penampakan UFO pada 2015 yang bocor ke publik. (Sumber: Tangkapan layar YouTube Sky News)
Penulis : Ahmad Zuhad | Editor : Eddward S Kennedy

WASHINGTON, KOMPAS.TV - Kementerian Pertahanan Amerika Serikat mengkonfirmasi keaslian gambar dan video yang menunjukkan benda terbang tak dikenal di atas kapal perang Angkatan Laut di lepas pantai California pada 2019.

Mengutip Independent, Pentagon menyebut personel Angkatan Laut merekam penampakan benda terbang yang terkenal sebagai UFO itu.

Foto dan video itu dikumpulkan oleh Satgas Unidentified Aerial Phenomena (UAP). Namun, bocor ke tangan sutradara film dokumenter Jeremy Corbell.

Baca Juga: Bocah Perempuan 5 Tahun Disiksa Orang Tuanya hingga Tewas, Sempat Tunjukkan Gambar Mengerikan

Salah satu video yang berlatar tahun 2019 menunjukkan benda berbentuk piramida melayang di atas kapal USS Russel.

Melansir New York Post, Corbel mengaku telah memverifikasi keaslian video tersebut setelah mendapatkan informasi dari briefing intelijen Pentagon.

Dalam briefing itu, para pejabat Kementerian Pertahanan AS mengonfirmasi bahwa personel Angkatan Laut AS adalah perekam penampakan UFO itu.

Corbell mengatakan bahwa briefing itu mencantumkan kemunculan beberapa UFO di sekitar kapal-kapal Marinir Amerika pada Juli 2019 dan penampakan-penampakan drone pada 14 dan 15 Juli 2019.

Penampakan UFO di sekitar kapal USS Russel di California, Amerika Serikat pada Juli 2019. (Sumber: Instagram/@JeremyCorbell)

“Dan omong-omong, di kapal lain, mereka mengalami hal berbeda. Jadi beberapa (penampakan terlihat) seperti lampu yang membentuk angka delapan dengan pola dan manuver putaran 90 derajat. Penampakan lainnya seperti cahaya berwarna lain, seperti merah,” beber Corbell kepada Mystery Wire.

Baca Juga: Rekaman Polisi Chicago Tembak Remaja 13 Tahun Terkuak, Korban Ternyata Tak Memegang Senjata

Penampakan itu memperlihatkan tiga benda berbentuk segitiga terbang dan "berkedip" menembus awan di lepas pantai San Diego. Video singkat diambil menggunakan kamera penglihatan malam (night-vision camera) pada Juli 2019, kata Corbell.

Sebelumnya, seorang pilot jet FA-18 di Virginia pun melihat benda terbang tak dikenal pada 4 Maret 2019. Satgas UAP sedang memeriksa penampakan ini bersama berbagai kemunculan UFO lain. 

Isu UFO adalah hal tabu di kalangan ilmuwan. Namun, berbagai video dan foto yang bocor ke publik terus menumbuhkan rasa penasaran sebagian masyarakat.

Masyarakat pun menghubungkan penampakan UFO itu dengan keberadaan alien atau makhluk luar angkasa.

Belakangan, Pentagon mengubah kebijakan mereka menjadi lebih terbuka. Mereka mengonfirmasi berbagai video penampakan UFO.

Baca Juga: Kronologi Polisi Ungkap Kasus Peretasan Situs Bantuan Covid-19 Milik Pemerintah Amerika Serikat

Pentagon membentuk Satgas UAP dan mengubah istilah UFO (obyek terbang tak dikenal) menjadi UAP (fenomena udara yang tak dikenal).

Tujuan pembentukan Satgas UAP ini adalah untuk memperbanyak pengetahuan, wawasan, sifat dan asal-usul UAP pada tahun 2020. Pentagon menganggap UAP berpotensi mengancam keamanan nasional Amerika.

Satgas ini akan merilis laporan hasil pemeriksaan mereka pada Juni 2021.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.