Kompas TV nasional update corona

ITAGI: Polemik Vaksin Nusantara Harus Dihentikan, Kuncinya Komunikasi

Jumat, 16 April 2021 | 10:53 WIB
itagi-polemik-vaksin-nusantara-harus-dihentikan-kuncinya-komunikasi
Ilustrasi vaksin Covid-19 (Sumber: Shutterstock.com)

JAKARTA, KOMPAS.TV – Ketua Komite Penasihat Ahli Imunisasi atau Indonesian Advisory Group on Immunization (ITAGI) Sri Rezeki Hadinegoro mengungkapkan rasa miris terhadap polemik vaksin Nusantara yang menjadi perdebatan dan berpotensi membingungkan masyarakat.

Menurutnya, polemik yang terus berkembang ini harus segera dihentikan dan kuncinya adala pada komunikasi.

“ITAGI sebagai badan independen yang memberikan saran sangat sedih melihat suatu polemic seperti ini. Dan polemik ini harus dihentikan dengan segera, yaitu kuncinya satu, komunikasi,” kata Sri kepada KOMPAS TV, Jum’at (16/4/2021).

Sri menjelaskan, komunikasi harus dijalin antara peneliti dan juga badan-badan regulator seperti BPOM.

Ia mengatakan bahwa dalam suatu penelitian terutama vaksin, sudah ada badan-badan pengatur dan tidak hanya Badan POM saja. Sehingga dari awal sudah dibentuk yang namanya komite etik.

“Di dalam suatu penelitian apalagi ini uji klinis vaksin, itu sudah ada badan-badan pengatur, bukan hanya Badan POM. Dari awal sudah ada komite etik,” lanjut Sri.

Sebuah penelitian terutama vaksin harus dilakukan melalui CRO (Clinical Research Officer). Artinya badan atau institusi yang melakukan penelitian tidak boleh langsung berhubungan dengan pihak sponsor.

Penulis : Baitur Rohman | Editor : Iman Firdaus





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
07:39
PEMERINTAH MALAYSIA PERTIMBANGKAN CAMPUR DUA VAKSIN COVID-19 GUNA TINGKATKAN EFIKASI    KASUS COVID-19 MELONJAK, WALKOT GIBRAN RAKABUMING TUNDA KOMPETISI SEPAK BOLA PIALA WALI KOTA SOLO 2021    PN JAKARTA TIMUR AKAN BACAKAN VONIS TERDAKWA RIZIEQ SHIHAB TERKAIT KASUS HOAKS TES USAP RS UMMI BOGOR PEKAN DEPAN    OTORITAS JASA KEUANGAN (OJK) IMBAU MASYARAKAT WASPADAI LAYANAN PINJAMAN DARING ILEGAL    GUBERNUR ANIES BASWEDAN TERBITKAN PERATURAN KARYAWAN WFH SEBESAR 75 PERSEN DI PERKANTORAN ZONA MERAH DKI    GUBERNUR ANIES BASWEDAN SEBUT KAPASITAS VAKSINASI DI DKI JAKARTA TELAH LEBIH DARI 100.000 ORANG PER HARI    DINKES KABUPATEN KUDUS CATAT 269 TENAGA KESEHATAN DI WILAYAHNYA TERPAPAR VIRUS KORONA    UNIVERSITAS SEBELAS MARET HENTIKAN SELURUH KEGIATAN LUAR JARINGAN SETELAH TIGA DOSEN MENINGGAL KARENA COVID-19    SATGAS: KENAIKAN COVID-19 PASCA-LEBARAN 2021 LEBIH TINGGI YAITU 112,22% DIBANDING TAHUN SEBELUMNYA HANYA 93,11%    SATGAS COVID-19 PREDIKSI KENAIKAN KASUS POSITIF KORONA PASCA-LEBARAN AKAN BERLANGSUNG SELAMA 6 PEKAN    LAYANAN VAKSINASI COVID-19 DI KANTOR KESEHATAN PELABUHAN TANJUNG PRIOK, JAKARTA UTARA, DIBATASI 100 ORANG PER HARI    PEMERINTAH BUKA LAYANAN VAKSINASI COVID-19 UNTUK UMUM DI KANTOR KESEHATAN PELABUHAN TANJUNG PRIOK, JAKUT    MENPAN RB TJAHJO KUMOLO SERAHKAN KEBIJAKAN BEKERJA DARI RUMAH KEPADA MASING-MASING KEMENTERIAN DAN LEMBAGA    MENPAREKRAF SANDIAGA UNO PERKENALKAN GEOPARK RAMANG RAMANG LEWAT SIARAN LANGSUNG DI MEDIA SOSIAL DAN KE LUAR NEGERI