Kompas TV nasional kriminal

Aset Sitaan Tersangka Korupsi Asabri Rp10,5 Triliun, Kejagung Masih Kejar Rp13,2 Triliun

Jumat, 16 April 2021 | 10:00 WIB
aset-sitaan-tersangka-korupsi-asabri-rp10-5-triliun-kejagung-masih-kejar-rp13-2-triliun
Mobil Ferrari F12 Berlinetta milik HH, tersangka kasus korupsi Asabri yang disita Kejaksaan Agung. Kejagung terus menyita aset para tersangka korupsi terbesar baru-baru ini. (Sumber: Kejaksaan Agung)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kejaksaan Agung masih terus melakukan penghitungan, penelusuran dan penyitaan aset para tersangka korupsi pengelolaan dana investasi dan keuangan PT ASABRI (Persero). Sejauh ini, Kejagung telah menyita aset dengan nilai kira-kira Rp10,5 triliun.

Kepada awak media Direktur Penyidikan pada Jampidsus Kejagung Febrie Adriansyah mengatakan, penyidik sedang melakukan pemberkasan para tersangka. Nantinya, berkas itu akan dilimpahkan ke jaksa penuntut umum.

"Ya sekarang kan persiapan pemberkasan ya, sekarang sudah Rp 10,5 triliun," ujar Febri di Gedung Bundar Kejagung, Jakarta Selatan, Kamis (15/4/2021).

Baca Juga: Kejaksaan Agung Sita Mobil Lexus di Kasus ASABRI yang Diduga Rugikan Negara Rp23 Triliun

Febrie mengungkapkan, Kejagung menyita aset-aset, seperti kapal tongkang, tanah, dan tambang dari para tersangka. Selain itu, ada pula sitaan barang mewah, antara lain mobil, apartemen, dan bus.

Menurut Febrie, pihaknya masih terus menelusuri dan menyita aset-aset milik tersangka. Hal ini untuk menutupi kerugian negara akibat korupsi yang mencapai kisaran Rp23,7 triliun.

Angka ini adalah kerugian terbesar di antara kerugian karena kasus-kasus korupsi yang terungkap beberapa tahun terakhir. Kerugian karena korupsi ASABRI bahkan lebih besar 10 kali lipat daripada korupsi E-KTP yang mencapai Rp2,3 triliun.

Penulis : Ahmad Zuhad | Editor : Iman Firdaus





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
14:02
SUDIN LINGKUNGAN HIDUP DKI: AKUMULASI SAMPAH DI JAKARTA NAIK SEBELUM LEBARAN 2021   BNPB: 5 KABUPATEN DI 4 PROVINSI TERDAMPAK BANJIR DAN LONGSOR DI HARI PERTAMA LEBARAN   KEMENTERIAN PUPR TARGETKAN UJI KELAYAKAN FUNGSI JALAN TOL SERANG-PANIMBANG PADA BULAN JUNI   KEMENDIKBUD RISTEK PASTIKAN SEKOLAH MENJADI PRIORITAS KONEKSI INTERNET   KETUA SATGAS COVID-19 DONI MONARDO: PELARANGAN MUDIK ADALAH KEPUTUSAN TERBAIK UNTUK CEGAH PENYEBARAN COVID-19   GUBERNUR ANIES BASWEDAN: FORKOPIMDA DKI LAKUKAN DUA LAPIS PENYEKATAN ARUS BALIK MUDIK   GUBERNUR ANIES BASWEDAN INSTRUKSIKAN CAMAT DAN LURAH DI DKI JAKARTA PROAKTIF DATA WARGA YANG IKUT ARUS BALIK MUDIK   GUBERNUR DKI ANIES BASWEDAN RAPAT KOORDINASI DENGAN KAPOLDA METRO JAYA DAN PANGDAM JAYA BAHAS ARUS BALIK LEBARAN   PEMPROV SULAWESI TENGGARA TUTUP TEMPAT WISATA SELAMA LIBUR LEBARAN PADA 13-17 MEI   PEMPROV JAWA TIMUR CATAT 8.188 PEKERJA MIGRAN INDONESIA (PMI) SUDAH TIBA DI WILAYAHNYA   PENUMPANG KRL MENUMPUK DI MANGGARAI, MENHUB BUDI KARYA SUMADI NILAI PT KERETA COMMUTER INDONESIA TIDAK PROFESIONAL   PENGAMAT TERORISME STANISLAUS RIYANTA SEBUT KKB DI PAPUA SERING GUNAKAN MASYARAKAT SEBAGAI TAMENG DAN KORBAN   PENGAMAT TERORISME STANISLAUS RIYANTA: PENANGANAN KONFLIK DENGAN KKB PERLU HATI-HATI   KOMANDAN KKB LESMIN WAKER TEWAS DALAM KONTAK SENJATA DENGAN TNI-POLRI DI DISTRIK ILAGA, PUNCAK, PAPUA