Kompas TV regional berita daerah

Masa Jabatan Tinggal Setahun, DPRD DKI Minta Anis Tuntaskan Rumah DP Rp O

Kompas.tv - 16 April 2021, 09:51 WIB
masa-jabatan-tinggal-setahun-dprd-dki-minta-anis-tuntaskan-rumah-dp-rp-o
Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Provinsi DKI Jakarta Tahun 2021.
Penulis : Hedi Basri | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Abdurrahman Suhaimi mendorong Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menuntaskan program rumah DP Rp 0 di sisa masa jabatannya.

Kata Suhaimi, program DP Rp 0 salah satu janji Anies saat melakukan penyusunan rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) DKI Jakarta 2017-2022.

"Tentang DP 0, sepertinya itu belum penuh ya, dan itu jadi harapan masyarakat," kata Suhaimi , Kamis (15/4/2021),  dari Kompas.com.

Baca Juga: Masa Jabatannya Akan Berakhir, Anies Baswedan Fokus Tuntaskan Masalah Kesejahteraan Rakyat

Karena tahun ini bisa dikatakan tahun terakhirnya, kata Suhaimi, Anies berkesempatan mempercepat janji-janji politiknya.

Kata Suhaimi, Anies harus mampu mewujudkan janji politiknya itu dengan cara mempercepat pembangunan program yang selama ini belum terwujud.

Meskipun dari sisi anggaran, kata Suhaimi, DKI Jakarta memang terkontraksi karena pandemi Covid-19 yang berlangsung selama lebih dari satu tahun.

Kondisi ini memungkinkan adanya kewajaran dari DPRD untuk Anies ketika beberapa program yang memiliki anggaran besar harus tertunda.

Baca Juga: BPK Temukan Kejanggalan Pembelian Alat Damkar DKI Jakarta, Rugikan Kas Daerah Rp6,52 Miliar

"Kalau terkait dengan anggaran tentu, karena Covid kita dimaklumin ya," kata dia. Dikutip dari Kompas.com

Terkait program DP Rp 0, yang tercantum dalam Draf Perubahan RPJMD, Anies mengubah janjinya yang sebelumnya menargetkan pembangunan DP Rp 0 sebanyak 232.214 unit selama lima tahun, kini dia hanya berani menargetkan pembangunan Rp 10.460 saja, dengan 6.971 unit rumah akan dibangun oleh BUMD.

Sisanya akan dilimpahkan oleh pengembang swasta.

Baca Juga: Pemprov DKI Tegaskan Rumah DP Rp 0 Bukan untuk Investasi, Harus Ditempati Pembelinya

Janji rumah DP Rp 0 masih dipertanyakan oleh anggota Dewan mengapa pembangunan rumah tersebut menurun dari jumlah target pembangunan, dan diketahui rumah DP Rp 0 sepi peminat.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.