Kompas TV bisnis perbankan

Waspadai Peredaran Uang Palsu, Transaksi Digital Jadi Andalan

Jumat, 16 April 2021 | 08:34 WIB
waspadai-peredaran-uang-palsu-transaksi-digital-jadi-andalan
Ilustrasi Bank Indonesia (BI). (Sumber: Kompas.com/Shutterstock)

JAKARTA, KOMPAS.TV – Bank Indonesia (BI) mendorong transaksi nontunai melalui perbankan digital (digital banking) maupun uang elektronik, sebab dinilai lebih aman.

Hal tersebut menjadi salah satu upaya untuk mengurangi peredaran uang palsu.

Kepala Departemen Pengelolaan Uang BI Marlison Hakim, Rabu (14/4/2021) yang dilansir dari Kompas.id  menuturkan, tren transaksi digital berpengaruh pada turunnya rasio uang palsu yang ditemukan di tengah masyarakat

Rasio temuan uang palsu sepanjang 2019 dan 2020 secara berturut-turut sebesar 9 lembar di setiap 1 juta lembar dan 5 lembar di setiap 1 juta lembar uang. Per triwulan-I 2021, rasionya 2 lembar di setiap 1 juta lembar uang.

Sejalan dengan itu, Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran BI Filianingsih Hendarta menuturkan bahwa tren transaksi tanpa tatap muka saat ini menjadi momentum donasi dan berbelanja produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dengan memanfaatkan QRIS (Standar Kode Respons Cepat).

”Contohnya, asosiasi pedagang pempek di Palembang telah memanfaatkan QRIS. Konsumen dapat membeli pempek secara daring dan membayarnya dengan QRIS,” ujar Filianingsih.  

Tak hanya QRIS, lanjutnya, transaksi nontunai dengan kartu kredit juga dapat menjadi andalan selama Ramadhan-Lebaran 2021. 

Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Iman Firdaus





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
06:16
PBSI: SEMANGAT MARKIS KIDO HARUS JADI MOTIVASI BAGI PEBULU TANGKIS MUDA INDONESIA UNTUK BERPRESTASI   PBSI GELAR TURNAMEN SIMULASI JELANG OLIMPIADE TOKYO DI PELATNAS CIPAYUNG, JAKARTA TIMUR   KEMENTERIAN KESEHATAN BRASIL SEBUT PASIEN COVID-19 KLASTER COPA AMERICA 2021 MENCAPAI 41 ORANG   OTORITAS JEPANG: SELURUH ATLET OLIMPIADE DAN PARALIMPIADE HARUS TAATI PERATURAN PENCEGAHAN PENYEBARAN COVID-19   PEMERINTAH MALAYSIA SETUJUI PENGGUNAAN VAKSIN COVID-19 PFIZER UNTUK USIA 12 TAHUN KE ATAS   KOMPOLNAS MINTA PIHAK KEPOLISIAN UNTUK PATROLI RUTIN DI KAWASAN PELABUHAN TANJUNG PRIOK, JAKARTA UTARA   PT PELINDO II ANCAM BERHENTIKAN KARYAWANNYA YANG TERLIBAT PUNGUTAN LIAR   SEBANYAK 1.271 PEGAWAI KPK YANG LOLOS TWK AKAN JALANI ORIENTASI ASN   RUMAH SAKIT DARURAT WISMA ATLET KEMAYORAN TAMBAH KAPASITAS TEMPAT TIDUR MENJADI 7.394 UNIT   PEMPROV DKI OPERASIKAN KEMBALI WISMA RAGUNAN DAN TMII SEBAGAI TEMPAT ISOLASI TERKENDALI BAGI PASIEN COVID-19   KEMENDAGRI IMBAU PUSKESMAS TINGKATKAN PELACAKAN DAN TES GUNA CEGAH PENYEBARAN COVID-19   KEMENDAGRI: PUSKESMAS MEMILIKI PERAN SENTRAL SAAT PEMBERLAKUAN PPKM MIKRO   KOMISI VIII DPR RI DUKUNG BAZNAS UNTUK PERCEPAT IMPLEMENTASI PERPRES PENGUMPULAN ZAKAT DI LINGKUNGAN ASN   KOMISARIS UTAMA PERTAMINA BASUKI TJAHAJA PURNAMA: FASILITAS KARTU KREDIT DIHAPUS UNTUK PENGHEMATAN PERUSAHAAN