Kompas TV nasional agama

Pahala yang Dilipatgandakan Selama Bulan Suci Ramadan

Kompas.tv - 16 April 2021, 08:25 WIB
Penulis : Natasha Ancely

KOMPAS.TV – Kompas Sahur menayangkan Kuliah Ramadan, bersama Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Ustaz Abdul Mu'ti, tentang pahala apa saja yang dilipatkgandakan selama Ramadan.

Umat muslim diajarkan untuk beramal, tapi amalan di bulan Ramadan diyakini jauh lebih bermanfaat.

Ustaz Abdul Mu'ti mengatakan, orang yang bertakwa adalah mereka yang senantiasa mendermakan hartanya dalam keadaan lapang maupun kurang.

Sedekah adalah hal yang istimewa, Allah SWT akan memberikan pahala yang banyak pada orang yang bersedekah.

“Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipat-gandakan (ganjarannya) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak.” (Qs. Al Hadid: 18)

Sesungguhnya sedekah yang utama adalah sedekah pada bulan Ramadan, sebab dilipatgandakannya amal ibadah seseorang adalah karena kemuliaan waktu melaksanakannya.

Karena itu, dalam sebuah hadis riwayat Imam Turmudzi, ketika Rasulullah SAW ditanya,“Sedekah yang bagaimana yang paling utama?” Rasulullah SAW menjawab,“Sedekah yang dilakukan pada bulan Ramadan.”

Ustaz Abdul Mu'ti berkata, sedekah tidak harus banyak, sedikit tidak apa yang penitng ikhlas dan mengharapkan ridho Allah.

Sedekah selain mendapat pahala berlipat ganda, adalah juga cara kita untuk terhindar dari bala atau malapetaka.

“Maka jangan berhenti untuk berbagi, jangan merasa menjadi miskin karena memberi bantuan kepada sesama”, ujar Ustaz Abdul Mu'ti.

Saatnya Ramadan memperbanyak sedekah memberi untuk menolong penderitaan bersama.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.