Kompas TV internasional kompas dunia

Jam Kuno Berusia Satu Abad Mati saat Tsunami Jepang, Berdetak Lagi 10 Tahun Kemudian Usai Gempa Bumi

Jumat, 16 April 2021 | 05:45 WIB
jam-kuno-berusia-satu-abad-mati-saat-tsunami-jepang-berdetak-lagi-10-tahun-kemudian-usai-gempa-bumi
Jam kuno berusia 100 tahun yang sempat mati karena tsunami Jepang kembali berdetak setelah gempa 10 tahun kemudian. (Sumber: Kahoku News Via The Guardian)

MIYAGI, KOMPAS.TV - Kisah unik dimiliki jam kuno berusia satu abad yang sempat mati ketika gempa bumi dan Tsunami melanda Jepang 10 tahun lalu.

Jam yang berada di Kuil Fumonji kembali berdetak, setelah gempa bumi kembali menerpa Yamamoto di Perfektur Miyagi pada 13 Februari lalu.

Sebelumnya, jam yang disinyalir berusia 100 tahun tersebut berhenti berdetak ketika tsunami menerpa lokasi yang sama pada 11 Maret 2011.

Baca Juga: Sempat Dihancurkan ISIS, Masjid Agung dari Abad ke-12 di Mosul Akan Dibangun Ulang

Bencana tersebut membunuh lebih dari 18.000 orang. Kuil Fumonji pun tak lepas dari tsunami.

Hanya pilar dan atapnya yang terhindar dari banjir. Kepala Kuil Fumonji, Bunshun Sakano pun mengungkapkan jam kuno tersebut saat itu berhenti berdetak.

Tetapi keanehan terjadi setelah gempa bumi tahun ini, yang hanya berjarak sepekan sebelum peringatan 10 tahun bencana tsunami Jepang.

Penulis : Haryo Jati





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
19:57
PEMPROV DKI JAKARTA AKAN TINGKATKAN PENGAWASAN TEMPAT KARANTINA WARGA NEGARA ASING   GUBERNUR JATENG GANJAR PRANOWO TEGASKAN TIDAK ADA PENGECUALIAN TERKAIT LARANGAN MUDIK    PEMERINTAH PERKETAT PENGAWASAN PENGGUNAAN ALAT TES CEPAT ANTIGEN PASCA-KASUS PENGGUNAAN ALAT TES BEKAS   KLHK SEBUT TREN KAPASITAS PENGELOLAAN SAMPAH NASIONAL MENINGKAT    KEMENTERIAN INVESTASI/BADAN KOORDINASI PENANAMAN MODAL (BKPM): MAYORITAS INVESTASI ASING DI PERKEBUNAN SAWIT    DUKUNG LARANGAN MUDIK, POLDA RIAU SIAPKAN 58 POS PENGAMANAN DAN PENYEKATAN DI PERBATASAN   KEMENTERIAN KESEHATAN: WASPADA PENYEBARAN VARIAN KORONA B117, MOBILITAS WARGA PERLU DITEKAN   DUKUNG KEMUDAHAN INVESTASI, MENDAGRI MINTA KEPALA DAERAH INVENTARISASI PERDA YANG TAK RELEVAN   MENTERI PPPA: LAKI-LAKI HARUS DUKUNG PERJUANGAN PEREMPUAN CAPAI KESETARAAN GENDER   DISHUB DKI: PENGAJUAN SIKM SELAMA MASA LARANGAN MUDIK BISA DILAKUKAN SECARA DARING   CEGAH PENULARAN COVID-19, PEMPROV JABAR PERPANJANG KERJA SAMA PENYEDIAAN HOTEL UNTUK TENAGA KESEHATAN   SOSIALISASIKAN PROGRAM VAKSINASI GOTONG-ROYONG, KADIN SIAPKAN VAKSIN CENTER UNTUK PERUSAHAAN KECIL DAN UMKM   KAMAR DAGANG DAN INVESTASI INDONESIA SOSIALISASIKAN PROGRAM VAKSINASI GOTONG-ROYONG PADA SELASA, 4 MEI 2021   PT BIO FARMA SIAPKAN 18 JUTA VAKSIN COVID-19 PADA MEI 2021