Kompas TV cerita ramadan panduan

Bolehkah Tidur Sepanjang Hari Saat Puasa Ramadan?

Jumat, 16 April 2021 | 04:30 WIB
bolehkah-tidur-sepanjang-hari-saat-puasa-ramadan
Ilustrasi tidur sepanjang hari saat puasa Ramadan. (Sumber: Unsplash/Mert Kahveci)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Bulan Ramadan dikenal sebagai bulan yang penuh berkah yang melimpah. Namun, bagaimana jika selama berpuasa Ramadan dihabiskan dengan tidur sepanjang hari?

Kondisi tubuh yang lemas atau sekadar menghemat energi saat berpuasa kerap dijadikan alasan bagi mereka yang ingin tidur sepanjang hari, mulai dari seusai salat Subuh hingga menjelang berbuka.

Menanggapi hal tersebut, pakar Usul Fiqh Universitas Darussalam (Unida) Gontor, Mulyono Jamal, menjelaskan bahwa tidurnya orang yang berpuasa, baik sebentar atau sepanjang hari memang tidak membatalkan puasanya.

Baca Juga: Jadwal Imsak dan Buka Puasa di Surabaya Hari Ini, Jumat 16 April 2022

Namun, jika tidurnya menyebabkan seseorang lalai akan ibadah wajib seperti salat, maka tidur termasuk perbuatan dosa.

"Tidurnya itu sendiri tidak membatalkan puasa. Jam-jam puasa yang merupakan kesempatan baik untuk mendapatkan pahala besar, tapi disia-siakan ya rugi besar lah," jelas Mulyono, dikutip dari Kompas.com, Jumat (16/4/2021).

Menurut Mulyono, akan lebih baik jika melakukan ibadah aktif untuk mengejar pahala Ramadan yang disebut akan dilipatgandakan dan mengambil tidur sebentar.

Penulis : Fiqih Rahmawati





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
17:30
PEMIMPIN ASEAN BAHAS UPAYA ASEAN ATASI KRISIS DI MYANMAR   PEMIMPIN ASEAN APRESIASI PRESIDEN RI JOKOWI YANG DORONG PENYELENGGARAAN KTT   PRESIDEN JOKOWI HADIRI ASEAN LEADERS MEETING BAHAS KRISIS DI MYANMAR   TNI AL: FOKUS PENCARIAN KAPAL SELAM KRI NANGGALA-402 KINI DILAKUKAN DI DEKAT CELUKAN BAWANG, BAGIAN UTARA BALI   MENKOMINFO: PEMBANGUNAN PUSAT DATA NASIONAL UNTUK MENDORONG EFISIENSI FISKAL SECARA SIGNIFIKAN   KEMENHUB UJI COBA TAHAP II PENERAPAN "ELECTRONIC PILOTAGE SERVICE" DI PERAIRAN INDONESIA   ADA LARANGAN MUDIK LEBARAN, KEMENTERIAN PERHUBUNGAN: PENUMPANG BISA "REFUND" TIKET 100 PERSEN   KEMENTERIAN PUPR: PEMBIAYAAN KONSTRUKSI JEMBATAN BATAM-BINTAN GUNAKAN SKEMA KERJASAMA PEMERINTAH DAN BADAN USAHA   HUTAN SAKRAL WARGA BADUY DALAM DIRUSAK, ALIANSI MASYARAKAT ADAT NUSANTARA: SUDAH KAMI LAPORKAN KE KEPOLISIAN   PENCARIAN KRI NANGGALA-402 TERUS DILAKUKAN    KASAL LAKSAMANA YUDO MARGONO BERHARAP KRI NANGGALA-402 SEGERA DITEMUKAN   KASAL LAKSAMANA YUDO MARGONO: KEPINGAN KRI NANGGALA-402 DITEMUKAN 2 MIL DARI POSISI KAPAL MENYELAM   KASAL LAKSAMANA YUDO MARGONO: DIPERKIRAKAN KRI NANGGALA BERADA DI KEDALAMAN 850 METER   KASAL LAKSAMANA YUDO MARGONO: DIDUGA TERJADI KERETAKAN DI KRI NANGGALA-402