Kompas TV klik360 cerita indonesia

Polda Jatim Ungkap Modus Operandi Hacker Indonesia Bobol Situs Bantuan Covid-19 Amerika

Jumat, 16 April 2021 | 10:05 WIB

SURABAYA, KOMPAS.TV - Kepolisian Daerah Jawa Timur (Polda Jatim), mengungkap modus operandi (MO) hacker Indonesia yang meretas situs bantuan Covid-19 milik Pemerintah Amerika Serikat.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Jatim Irjen Pol Nico Afinta, dalam konferensi pers di Mapolda Jatim, Kamis (16/4/2021).

Kapolda mengatakan, salah satu modus operandi para tersangka adalah dengan membuat website atau situs palsu.

Para tersangka lalu menyebarkan alamat situs palsu tersebut melalui pesan singkat atau sms dengan menggunakan beberapa software atau perangkat lunak.

"Modus operandi tersangka ini, satu orang itu membuat website palsu. Jumlah website palsu yang dibuat ada empat belas. Lalu setelah website palsu ini dibuat, disebar dengan cara melalui sms dan sms ini disebar dengan menggunakan beberapa software yang kita kenal dengan nama sms blast," ungkap Nico. 

"Sehingga bisa menyebar dan setelah diterima oleh orang-orang maka ada orang-orang yang tertipu ada yang tidak. Kalau yang tertipu, maka dia membuka link website tersebut dan mengisi data-datanya ke link website yang dibuat oleh tersangka," lanjutnya.

Video Editor: Febi Ramdani

Penulis : Aryo bimo





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
10:09
AS ROMA AKAN MELAWAN MANCHESTER UNITED DI SEMIFINAL LIGA EUROPA   MANCHESTER UNITED, ARSENAL, AS ROMA, DAN VILLARREAL LOLOS KE SEMIFINAL LIGA EUROPA   OLIMPIADE TOKYO AKAN DISELENGGARAKAN PADA 23 JULI-8 AGUSTUS 2021   FEDERASI TENIS INTERNASIONAL (ITF) PERPANJANG PERIODE KUALIFIKASI OLIMPIADE TOKYO HINGGA 14 JUNI 2021   PEBALAP MARC MARQUEZ DINYATAKAN LOLOS TES MEDIS UNTUK GRAND PRIX MOTOGP PORTUGAL   GRAND PRIX FORMULA 1 KANADA DIBATALKAN AKIBAT PANDEMI KORONA   SHALAT TARAWIH DI MASJID NABAWI DAN MASJIDIL HARAM DIKURANGI MENJADI 10 RAKAAT   RAJA ARAB SAUDI SALMAN BIN ABDULAZIZ AL-SAUD IZINKAN MASJID NABAWI DAN MASJIDIL HARAM GELAR SHALAT TARAWIH   DUA ANGGOTA KKB PIMPINAN PUROM WENDA DI KABUPATEN LANNY JAYA, PAPUA, SERAHKAN DIRI KE POLISI   DISHUB JATIM PERBOLEHKAN WARGA MUDIK LOKAL JIKA PUNYA SURAT TUGAS   DISHUB JATIM MELARANG WARGA MUDIK DI PERKOTAAN/KABUPATEN YANG TERHUBUNG DALAM KESATUAN WILAYAH (MUDIK LOKAL)   PEMPROV KALTENG PERKETAT SYARAT MASUK WILAYAHNYA DENGAN TES ANTIGEN/PCR   WAKIL WALI KOTA BATAM AMSAKAR ACHMAD DAN ISTRINYA POSITIF TERINFEKSI COVID-19   SATGAS COVID-19: JABAR JADI PROVINSI TERBAIK PENERAPAN PPKM MIKRO DI INDONESIA