Kompas TV video internasional

World Vaccine Update : Cerita Kartini Hadapi Pandemi Hingga Pembahasan Kenapa Banyak Virus Bermutasi

Kompas.tv - 15 April 2021, 23:47 WIB
Penulis : Abdur Rahim

NEW YORK, KOMPAS.TV – Bulan April adalah bulan bagi para kartini Indonesia. Di episode 12 world Vaccine Update, para kartini Indonesia dari yang termuda hingga tertua berbagi cerita tentang perjuangan mereka  melawan pandemi Covid-19 hingga mendapatkan vaksin.

Siti Rahayu Joenoes (92), Ibunda dari Omen PSP ini masih tampak semangat ketika berbagi cerita dengan komunitas World Vaccine Update. Meski berusia hampir satu abad, ia sama sekali tak mengalami gejala apa pun saat divaksin.

“Sesudah divaksin, eh nggak apa-apa kok. Jarumnya juga kecil, nggak ada rasa nyeri apa gimana. Malamnya tidur biasa normal, makan pun normal, lebih dari normal, karena pulang dari sana kelaparan”, ungkap Ibu Ayu dengan semangat.

Baca Juga: World Vaccine Update: Dahlan Iskan Cerita D-Dimer Tinggi Pasca-Covid-19

Selain Siti Rahayu, dua orang kartini lain pun turut berbagi kisah dan semangat bersama komunitas World Vaccine Update. Mereka adalah Pwe Ni Souw (104), Salmah Prasto (97).

Mereka berharap, agar masyarakat Indonesia selalu berada dalam keadaan sehat wal afiat.

“Semoga sehat-sehat selalu, semuanya sehat-sehat, tidak ada efek apa-apa”, pungkasnya.

Dalam episode 12 World Vaccine Update ini, seorang kartini sekaligus peneliti di Lembaga Eijkman, Prof. Herawati Supolo-Sudoyo turut berbagi pengetahuan tentang mutasi virus covid-19.

Menurutnya, berbicara soal pandemi harus memperhatikan dua hal, yakni virus dan inangnya. Pasalnya, hal ini akan mempengaruhi mutasi virus-virus lainnya.

“Kenapa B117 adanya di UK, mengapa ada hal-hal lain di Brazil, mengapa kemudian banyak menyebar. Semuanya itu juga tidak hanya tergantung dari virus, tetapi juga dari inangnya", tutur Herawati. 

 “Karena virus yang mau mempertahankan dirinya dan memperbanyak itu, akan sangat bergantung pada inangnya. Kalau inangnya tahan, dia kan berarti akan dihancurkan oleh antibody oleh si inang, dia tidak mau itu terjadi, dia (virus) bikin mutasi. Mutasi adalah adaptasi dari virus itu sendiri” pungkasnya.

Simak selengkapnya obrolan menarik World Vaccine Update dalam link video berikut.

Acara World Vaccine Update dilaksanakan setiap hari Senin pukul 20.30 WIB.

Selama bulan Ramadhan, acara ngobrol bareng WNI dari seluruh dunia tersebut digelar setiap Senin pukul 21.00 WIB.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x