Kompas TV internasional kompas dunia

Ritual Mandi Massal di Sungai Gangga, 1.000 Orang Dinyatakan Positif Virus Corona

Kompas.tv - 15 April 2021, 22:36 WIB
ritual-mandi-massal-di-sungai-gangga-1-000-orang-dinyatakan-positif-virus-corona
Umat Hindu India berendam di perairan suci di Sangam, yang merupakan pertemuan Sungai Gangga, Yamuna dan sungai Saraswati, Senin (4/2/2019), pada berlangsungnya Festival Kumbh Mela. (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Hariyanto Kurniawan

NEW DELHI, KOMPAS.TV - Akibat ritual mandi massal di Sungai Gangga, India, 1.000 orang yang hadir dalam acara itu dinyatakan positif Covid-19.

Lebih dari 1.000 orang dinyatakan positif Covid-19 setelah mengikuti ritual mandi massal di Sungai Gangga, India, yang merupakan festival keagamaan terbesar di dunia.

Ritual mandi massal bernama Kumbh Mela itu dihadiri ribuan umat Hindu yang mayoritas tidak memakai masker saat berkumpul.

Menurut publikasi dari AFP, lebih dari 1.000 kasus virus corona muncul di Kota Haridwar hanya dalam waktu 48 jam.

Haridwar merupakan kota yang berada di tepi Sungai Gangga, tempat festival itu digelar.

Baca Juga: Ritual Kumbh Mela di Sungai Gangga Hasilkan Lonjakan Kasus Positif Covid 19

Padahal, saat festival itu digelar, kasus corona di India sedang melonjak.

Seperti tak menghiraukan, para peserta ritual itu tetap berbondong-bondong mengikuti perayaan suci ini.

Kantor berita AFP melaporkan, pada Senin dan Selasa (12-13/4/2021) massa dalam jumlah besar saling berdesak-desakan di tepi sungai untuk berenang sebagai bagian dari ritual mandi massal.

"Keyakinan kami adalah hal terbesar bagi kami. Karena keyakinan yang kuat itulah banyak orang datang ke sini untuk berendam di Gangga," ujar Siddharth Chakrapani salah satu panitia Kumbh Mela kepada AFP.

"Mereka percaya bahwa Maa (ibu) Gangga akan menyelamatkan mereka dari pandemi ini."

Baca Juga: Di Tengah Lonjakan Covid-19, India Setop Ekspor Antivirus Remdesivir

Dari sekitar 50.000 sampel yang diambil dari orang-orang di Haridwar, 408 dinyatakan positif pada Senin (12/4/2021) dan 594 pada Selasa (13/4/2021), kata pemerintah negara bagian Uttarakhand.

Angka terbaru itu diumumkan saat kepala menteri negara bagian Uttar Pradesh di sebelah Uttarakhand, Yogi Adityanath, juga dinyatakan positif Covid-19 pada Rabu (14/4/2021).

Dengan terus meningkatnya kasus Covid-19 di India, negara tersebut kini berada di posisi kedua terbanyak orang dengan positif Covid-19 melebihi Brasil yang sebelumnya menempati posisi itu.

Total kasus positif Covid-19 di India sekarang hampir menyentuh angka 13,9 juta kasus.

Bahkan dalam 24 jam terakhir, virus corona di India mencatatkan 184.000 kasus yang merupakan rekor terbesar kenaikan kasus sejak dimulainya pandemi.

Baca Juga: Perempuan Muda di India Ditikam Mati Suaminya Karena Tetap Bekerja dan Menolak Jadi Ibu Rumah Tangga

Korban meninggal akibat virus corona di India juga menembus angka 1.000 pada Rabu kemarin, tertinggi sejak October 2020.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.