Kompas TV kuliner cerita rasa

Luweng Pedes Makanan Khas Tradisional Jawa yang Viral di Malang

Kompas.tv - 15 April 2021, 21:01 WIB
Penulis : Krisna Aditomo

JAKARTA, KOMPASTV - Saat di Malang jangan lewatkan untuk singgah di Kota Batu, kota yang dulunya merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Malang ini punya banyak destinasi wisata menarik dan edukatif. 

Nah buat pecinta pedas dan suka masakan tradisional Luweng Pedes bisa jadi kulinernya. Rumah makan yang berlokasi di Jalan Bukit Berbunga Kota Batu ini baru buka sejak Oktober tahun 2020, namun langsung viral dan selalu dipadati pelanggan. 

Mengangkat konsep kembali ke masa lalu suasana Jawa tempo dulu begitu terasa di sini, bahkan semua masakan nasi dimasak dengan tungku kayu air minumpun disajikan dalam kendi. 

Setiap harinya ada 16 menu yang disajikan, saat akhir pekan biasanya menu sengaja ditambah jadi 20, untuk memenuhi jumlah pelanggan yang membludak. 

Ayam dan bebek nya dibakar dahulu sebelum diolah lauk pauk disiram bumbu babon atau bumbu pedas yang masih panas sebelum disajika,n selain untuk menambah kelezatan juga untuk menghangatkan laut. 

Bumbu babon ini terbuat dari empon-empon bawang merah, bawang putih dan cabai tanpa santan hanya menggunakan kemiri sebagai pengental kuahnya. 

Alamat: Jl. Bukit Berbunga No.207, Sidomulyo, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur 65317 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x