Kompas TV video sinau

Sebutan Uang dan Duit di Indonesia, Dari Mana Asal-usulnya?

Kompas.tv - 15 April 2021, 20:40 WIB
Penulis : Gempita Surya

KOMPAS.TV - Uang merupakan alat pembayaran yang sah untuk kegiatan jual beli. Namun, tidak sedikit orang menggunakan kata “duit” untuk menggantikan menyebut “uang”.

Sebenarnya, dari mana asal kedua kata tersebut?

Asal-Usul Kata Uang

Ada beberapa versi terkait asal-usul kata “uang”. Ada yang menyebutkan jika kata “uang” berasal dari kata “wang”, yang berarti alat pembayaran yang terbuat dari emas.

Pada zaman dulu, emas digunakan untuk membayar barang-barang mahal. Sementara untuk barang murah dibayar dengan perak, dan barang yang lebih murah lagi dibayar dengan tembaga, besi, dan kuningan.

Versi lain menyebutkan kata “uang” berasal ari nama ahli keuangan di Tiongkok, Wang Anshi.

Uang emas Tiongkok yang pada zaman itu pernah masuk ke Indonesia, kemudian dijadikan alat pembayaran sah.

Ada juga pendapat yang menyebutkan jika “uang” berasal dari kata “daluwang”. Daluwang adalah jenis kertas yang dibuat dari kulit pohon.

Sebelum menggunakan rupiah, pada awal Kemerdekaan Indonesia, alat pembayaran sah adalah ORI (Oeang Repoeblik Indonesia) yang terbuat dari daluwang.

Asal-Usul Kata Duit

Sementara itu, kata “duit” berasal dari kata “duit” atau “doit”, sebutan untuk uang koin kuno eropa yang dibuat pada abad ke-14.

Duit di Eropa merupakan salah satu uang koin yang terbuat dari perak dan digunakan sebagai alat pembayaran sah. Duit sendiri masuk ke Indonesia sejak tahun 1726 karena penjajahan Belanda.

Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata “duit” adalah bentuk cakapan dari kata “uang”.

Keduanya memiliki arti yang sama, dan hanya berbeda di penggunaan kata saja. Uang merupakan kata formal, sedangkan duit merupakan kata informal dalam bahasa Indonesia.(*)

Grafis: Agus Eko



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.