Kompas TV regional berita daerah

Sambut Ramadan, Warga Pemalang Bagikan Nasi Goreng Gratis

Kompas.tv - 15 April 2021, 18:17 WIB

PEMALANG, KOMPAS.TV - Memasuki bulan ramadhan, berbagai kegiatan unik dan menarik juga inspiratif, dilakukan oleh masyarakat khususnya umat muslim. Salah satunya adalah kampung nasi goreng, Desa Jrakah, Kecamatan Petarukan, Kabupaten Pemalang.

 

Di daerah ini memang dikenal penjual nasi goreng yang menyebar ke berbagai pelosok Indonesia, seperti daerah sekitar Pemalang, Pekalongan, Tegal. Selain itu juga banyak berjualan di Jakarta, Bandung, Semarang, Bali dan lainnya.

 

Sekitar 80 persen penduduk Desa ini menjadi penjual nasi goreng, dengan gerobak keliling atau banyak juga yang mangkal. Sebagai bentuk kepedulian pada daerahnya, mereka punya kebiasaan unik dan menarik saat memasuki bulan ramadhan.

 

Warga secara bergotong royong membuat acara berbagi untuk sesama dengan membagikan secara gratis ratusan porsi nasi goreng. Nasi dimasak langsung oleh warga, di jalan masuk Desa di tepi sawah, saat sore menjelang malam pertama bulan puasa.

 

Selain membagikan nasi goreng gratis, warga juga bergotong royong membuat monumen, tugu nasi goreng yang diletakan di jalan masuk kampung ini. Hal ini sekaligus juga menandai, bahwa warga daerah ini mengandalkan penghasilan dari menjual kuliner nasgor.

 

Diharapkan saat ramadan, warga tetap mematuhi protokol kesehatan namun juga tetap bekerja untuk memenuhi kebutuhan sehari- hari.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x