Kompas TV regional berita daerah

PMI Kabupaten Pekalongan Gelar Simulasi Tangani Kecelakaan dengan Prokes

Kompas.tv - 15 April 2021, 17:42 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Sebanyak 30 relawan PMI Kabupaten Pekalongan mengikuti simulasi penanganan kecelakaan dengan menerapkan protokol kesehatan. Simulasi sendiri dilakukan di sekitaran alun-alun Kabupaten Pekalongan. 

 

Para relawan mempraktekkan penanganan korban kecelakaan baik meninggal dunia maupun patah tulang. Yang berbeda ialah relawan yang bertugas pada saat pandemi Covid-19 yang bertugas menggunakan pakaian pelindung atau hazmat.

 

Pemakaian hazmat ini lantaran untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19.

 

Menurut kepala markas PMI Pekalongan, Titis Andi Susilo, mengatakan pelatihan dan simulasi penanganan korban kecelakaan dilakukan agar relawan memiliki kemampuan dasar atau keahlian tertentu disaat kondisi darurat. Meski saat ini sudah ada keputusan pemerintah tentang aturan mudik lebaran, namun persiapan sumber daya manusia dari para relawan akan terus ditingkatkan agar terlatih menghadapi situasi darurat.

 

Rencananya selain dilatih dan diberikan praktik, tenaga relawan juga akan dipersiapkan membantu tugas pemerintah di bidang penanganan medis di lapangan.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x