Kompas TV regional berita daerah

Labu Manis Sirup Rempah, Menu Buka Puasa Segar Menyehatkan

Kamis, 15 April 2021 | 17:12 WIB

BLITAR, KOMPAS.TV - Sebuah kafe di Kota Blitar Jawa Timur berinovasi membuat menu buka puasa yang segar, yakni labu manis sirup rempah. Selain menyehatkan, takjil itu juga dapat meningkatkan imun tubuh di masa pandemi corona.

Berpuasa di tengah pandemi corona memang menjadi tantangan tersendiri. Konsumsi makanan dan minuman sehat sekaligus kaya rempah menjadi hal yang wajib diperhatikan.

Berangkat dari situlah, Kafe Joglo Jati Malang di Kota Blitar berinovasi menciptakan takjil berbuka puasa, yang dapat meningkatkan imun tubuh. Takjil tradisional tersebut diberi nama labu manis sirup rempah.

Baca Juga: Yuk Buka Puasa di Masjid Jami Pekojan Semarang, Ada Bubur India yang Sudah Berusia 1 Abad

Pemilik kafe, Bismantoko mengatakan bahwa makanan tradisional itu berbahan dasar buah labu dan sejumlah rempah-rempah, seperti cengkeh dan kayu manis.

“Proses pembuatanya sangat sederhana, buah labu yang sudah dipotong lalu dikukus hingga matang. Setelah itu diberi taburan krim putih, serta sirup dari bahan rempah, seperti cengkeh dan kayu manis,” ujar Bismantoko.

Lembutnya tekstur labu, ditambah sirup manis dari bahan rempah-rempah, membuat menu takjil ini, disukai banyak pelanggan.

Baca Juga: Cemilan Gorengan, Menu Takjil Favorit Saat Berbuka Puasa

Salah satu pengunjung, Adelia Putri mengaku tidak adanya bahan kimia dalam takjil itu membuat labu manis sirup rempah menyehatkan bagi tubuh. Tingginya kandungan rempah dalam makanan itu juga dapat menjaga imunitas tubuh selama puasa Ramadan di masa pandemi.

Meski kaya akan nutrisi, namun harga takjil labu manis masih ramah di kantong. Satu porsi labu manis sirup rempah dijual dengan harga 30 ribu rupiah saja, sudah lengkap dengan 1 gelas jus kurma sebagai minumannya.

 

#Kuliner #Takjil #BukaPuasa #Kafe #Labu #RempahRempah #Sirup

Penulis : KompasTV Jember





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
22:31
WAKIL KETUA DPR AZIS SYAMSUDDIN MINTA MENPAN RB TINDAK TEGAS ASN YANG TERBUKTI BERAFILIASI DENGAN JARINGAN TERORIS   WAPRES: HARI KONSUMEN NASIONAL JADI MOMENTUM CINTAI PRODUK DALAM NEGERI   BUPATI SLEMAN MINTA ASN LAKUKAN “BORONG BARENG” PRODUK UMKM LOKAL   SATGAS: ANGKA KESEMBUHAN COVID-19 MENINGKAT, DIDOMINASI OLEH PROVINSI DI PULAU JAWA   MENKES BUDI GUNADI SADIKIN: INDONESIA WASPADAI LONJAKAN KASUS COVID-19 SEPERTI INDIA   PEMKOT BATAM SIAPKAN ASRAMA HAJI UNTUK KARANTINA PEKERJA MIGRAN INDONESIA DARI MALAYSIA DAN SINGAPURA   SATGAS: VAKSINASI COVID-19 DI BULAN RAMADAN AMAN DAN TIDAK BATALKAN PUASA   SATGAS INGATKAN WARGA DISIPLIN PROTOKOL KESEHATAN MESKI SUDAH DIVAKSIN COVID-19   SATGAS: TES COVID-19 DENGAN GENOSE SUDAH TERSEDIA DI 12 BANDARA   PT JASA MARGA KEMBALI LANJUTKAN PEKERJAAN REKONSTRUKSI TOL JAKARTA-CIKAMPEK   SATGAS: TIDAK MUDIK LINDUNGI KELUARGA DI KAMPUNG HALAMAN DARI COVID-19   MENSOS MINTA PENGELOLA GEDUNG LOGISTIK KEMENSOS DAPAT KELOLA STOK BANTUAN SECARA DIGITAL   MENTERI KETENAGAKERJAAN TEGASKAN BERKOMITMEN MEMBERI PERLINDUNGAN TERHADAP PEKERJA PEREMPUAN   PEMKOT SURAKARTA WAJIBKAN PEMUDIK LOKAL MEMILIKI SURAT IZIN KELUAR MASUK (SIKM)