Kompas TV regional berita daerah

Khofifah Meminta Validasi Data Kerusakan Akibat Gempa Dipercepat

Kompas.tv - 15 April 2021, 17:06 WIB
Penulis : KompasTV Kediri

BLITAR, KOMPAS.TV - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa rabu siang meninjau langsung posko trauma healing bagi anak terdampak gempa, di desa Tepas kabupaten Blitar. Khofifah membagikan sejumlah buku bagi anak-anak terdampak gempa.

Gubernur Jawa Timur juga melihat langsung kondisi rumah warga yang ambruk akibat diguncang gempa. Dalam kunjungannya tersebut, Khofifah meminta warga dan perangkat desa agar segera melakukan validasi data mengenai tingkat kerusakan rumah.

Diharapkan validasi data ini akan terlaksana dalam kurun waktu 1 minggu. Setelah itu data akan diajukan ke PUPR untuk dimintakan dana stimulan perbaikan rumah.

Nantinya, rumah warga yang rusak berat akan mendapatkan dana bantuan 50 juta ditambah ongkos perbaikan. sementara untuk kategori sedang akan mendapatkan dana perbaikan sebesar 24 juta. Untuk rumah kategori rusak ringan akan mendapatkan bantuan dana 10 juta rupiah.

Perbaikan rumah untuk kategori rusak sedang dan ringan akan dilakukan dengan swakelola agar mempercepat perbaikan. Sementara untuk rusak berat akan dikerjakan oleh personil TNI dan Polri.

Gubernur Jawa Timur meminta agar para relawan ikut turun membantu perbaikan rumah warga terdampak gempa, sehingga proses perbaikan dapat segera terlaksana.

#Blitar #Gempa #Malang #Khofifah #Gubernur #BeritaKediri



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x