Kompas TV advertorial

Kemenkeu Dorong Peningkatan Peran PT SMI dalam Pembiayaan Pembangunan dan Pemulihan Ekonomi

Kamis, 15 April 2021 | 17:04 WIB
kemenkeu-dorong-peningkatan-peran-pt-smi-dalam-pembiayaan-pembangunan-dan-pemulihan-ekonomi
Talkshow Sinergi Memulihkan Negeri yang diselenggarakan PT SMI di KompasTV, (5/4/2021) (Sumber: KompasTV)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) terus mendorong perluasan peran PT Sarana Multi Infrastruktur (PT SMI) dalam pembiayaan pembangunan dan pemulihan ekonomi. Pada tahun 2020, PT SMI diberikan kepercayaan untuk mendapatkan perluasan mandat melalui ditetapkannya PP 53/2020 jo PP 66/2007 – Oktober 2020 tentang Pendirian PT SMI.

Tidak hanya sebagai lembaga pembiayaan infrastruktur, PT SMI juga dapat membiayai pembangunan lainnya berdasarkan penugasan Pemerintah. Pada pelaksanaannya, PT SMI juga tunduk kepada POJK46 2020 - November 2020 sebagai Perusahaan Pembiayaan Infrastruktur, disebut juga Development Financial Institution (DFI) atau Lembaga Pembiayaan Pembangunan (LPP).

Sebagai Special Mission Vehicle (SMV) di bawah koordinasi Kemenkeu, peran sentral PT SMI adalah pada pembiayaan proyek infrastruktur dan proyek pembangunan sektor lainnya melalui berbagai skema pinjaman dan creative financing. Sebagai LPP, PT SMI memiliki fleksibilitas kinerja yang lebih luas dari sekedar pembiayaan proyek infrastruktur.

Sejak didirikan tahun 2009 hingga saat ini PT SMI telah berhasil membiayai berbagai proyek energi terbarukan, irigasi, rumah sakit, perumahan, serta sektor lainnya yang termasuk fokus Proyek Strategis Nasional (PSN), RPJMN, serta berbagai proyek untuk pencapaian tujuan-tujuan pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals - SDGs).

Terkait program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang diluncurkan oleh Pemerintah di tahun 2020 untuk mempertahankan pertumbuhan ekonomi secara positif, PT SMI sebagai LPP menerima penugasan untuk menyalurkan dana PEN kepada pemerintah daerah (Pemda) dan BUMN. Dana tersebut digunakan untuk menggerakkan roda perekonomian daerah dan pemulihan kinerja perusahaan.

Baca Juga: Kinerja Ekspor Impor Membaik, Sinyal Pemulihan Ekonomi Indonesia Dinilai Semakin Kuat

Hal tersebut juga sejalan dengan konsep Kemenkeu untuk pemulihan ekonomi di tahun 2021 melalui game-changer yang terdiri dari intervensi kesehatan melalui program vaksinasi Covid-19, fleksibilitas APBN untuk program PEN yang bergerak dinamis sesuai dengan kebutuhan, serta peningkatan investasi, kemudahan berusaha dan pembukaan lapangan kerja melalui adanya UU Cipta Kerja.

Penulis : Elva Rini





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
06:49
KAPASITAS PENGUNJUNG PUSAT PERBELANJAAN ATAU MAL DI DEPOK SELAMA LIBUR LEBARAN DIBATASI MAKSIMUM 30 PERSEN    MUDIK DILARANG, TRAFIK TRUK DARI JAWA KE SUMATERA NAIK 24 PERSEN   PEMKAB BANYUMAS IZINKAN OBYEK WISATA TETAP BUKA SAAT LIBUR LEBARAN DENGAN SYARAT PENERAPAN PROKES KETAT    PEMKAB PATI, JATENG, PERKETAT AKSES MASUK KE PERUMAHAN RSS SIDOKERTO SETELAH 56 WARGA PERUMAHAN TERPAPAR COVID-19    DIRLANTAS POLDA BANTEN KOMBES RUDY PURNOMO: SEJUMLAH TEMPAT WISATA BANTEN BUKA SECARA TERBATAS SAAT LIBUR LEBARAN    POLDA BANTEN MELARANG MASYARAKAT DARI LUAR WILAYAH BERKUNJUNG KE TEMPAT WISATA DI BANTEN    SELAMA MASA LARANGAN MUDIK, KEMENHUB KURANGI OPERASIONAL DERMAGA DAN KAPAL DI MERAK-BAKAUHENI   KEMENTERIAN PPPA USUL PEREMPUAN LEBIH BANYAK MENERIMA BANTUAN PRESIDEN USAHA MIKRO (BPUM)    KADISDIK: PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) DKI JAKARTA JALUR PRESTASI TAK MENGGUNAKAN SYARAT BATAS USIA   PEMPROV DKI JAKARTA MENERIMA 2.189 PERMOHONAN PEMBUATAN SURAT IZIN KELUAR MASUK (SIKM) SEJAK 6-8 MEI 2021   SERIKAT PEKERJA SELURUH INDONESIA: MASIH ADA PERUSAHAAN DI KOTA TANGERANG YANG BELUM LUNASI THR TAHUN LALU    KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO TEGASKAN DAERAH ZONA MERAH COVID-19 TAK BOLEH BUKA TEMPAT WISATA    WAKIL KETUA KPK NURUL GHUFRON PASTIKAN TAK ADA PEGAWAI YANG DIBERHENTIKAN KARENA TAK LOLOS TES WAWASAN KEBANGSAAN    KPK AKAN BERKOORDINASI DENGAN KEMENPAN RB DAN BKN TERKAIT TINDAK LANJUT 75 PEGAWAI YANG DINYATAKAN TIDAK LOLOS TWK