Kompas TV klik360 sinau

Mengenal 6 Istana Kepresidenan Indonesia, Ada di Mana Saja Ya?

Kamis, 15 April 2021 | 15:59 WIB

KOMPAS.TV - Indonesia memiliki enam Istana Kepresidenan yang tersebar di beberapa daerah. Istana Kepresidenan tersebut memiliki ciri khas dan sejarah masing-masing.

Berikut enam Istana Kepresidenan di Indonesia:

Istana Negara

Istana negara terletak di Jakarta, merupakan pusat kegiatan pemerintahan negara untuk kegiatan resmi kepresidenan.

Fungsi Istana Negara difokuskan sebagai kantor Presiden Republik Indonesia.

Istana Merdeka

Istana Merdeka juga berlokasi di Jakarta, merupakan tempat resmi kediaman dan kantor Presiden Indonesia.

Istana Merdeka digunakan untuk upacara Kemerdekaan Indonesia, penyambutan tamu negara, dan penyerahan surat-surat kepercayaan Duta Besar Negara Sahabat.

Istana Bogor

Istana Bogor terletak di Jalan Ir. H Huanda No. 1 Kota Bogor, Jawa Barat, yang dibangun pada 1745 dan bernama Paleis Buitenzorg.

Pada 1950, Istana Kepresidenan Bogor mulai digunakan sebagai kediaman, kantor, dan tempat dilakukannya berbagai acara oleh presiden.

Istana Cipanas

Istana Cipanas terletak di kaki Gunung Gede, Cianjur, Jawa Barat, dan berada di ketinggian 1.100 meter dari permukaan laut.

Istana Cipanas dibangun pada tahun 1740, memiliki fungsi sebagai tempat peristirahatan Presiden atau Wakil Presiden Republik Indonesia.

Istana Yogyakarta

Istana Yogyakarta dikenal juga dengan nama Gedung Agung atau Gedung Negara. Penamaan tersebut berkaitan dengan fungsi gedung utama untuk menerima tamu-tamu agung.

Istana Yogyakarta dibangun Mei 1824, menjadi istana kepresidenan dan kediaman Presiden Soekarno saat ibu kota indonesia dipindah dari Jakarta ke Yogyakarta saat Agresi Militer Belanda II.

Istana Tampaksiring

Istana Tampaksiring berada di Kabupaten Gianyar Pulau Bali, yang dibangun pada 1957 hingga 1960.

Fungsi Istana Tampaksiring sejak awal adalah sebagai tempat peristirahatan bagi Presiden Republik Indonesia beserta keluarga dan bagi tamu-tamu negara.(*)

Grafis: Agus Eko

Penulis : Gempita Surya





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
13:26
FLASH SALE NGABUBURIT HEMAT DI GERAI KOMPAS. KHUSUS 29 APRIL 2021. AKSES: KLIK.KOMPAS.ID/NGABUBURIT   SPANYOL AKAN SAMBUT WISATAWAN INTERNASIONAL PADA JUNI 2021   BKN: THR PNS 2021 TIDAK MENYERTAKAN KOMPONEN TUNJANGAN KINERJA (TUKIN) DI DALAMNNYA   KPU GUNUNG KIDUL, DIY, KEMBALIKAN RP 4,29 MILIAR SISA ANGGARAN PILKADA 2020   KOTA BOGOR JADI KOTA PERCONTOHAN UNTUK TRANSPORTASI UMUM DENGAN SKEMA PEMBELIAN LAYANAN (BTS)   DIREKTORAT LALU LINTAS POLDA METRO JAYA TILANG 115 TRAVEL GELAP YANG NEKAT BEROPERASI ANGKUT PENUMPANG MUDIK LEBARAN   POLDA METRO JAYA GELAR PATROLI SIBER GUNA ANTISIPASI TRAVEL GELAP YANG PROMOSIKAN JASANYA DI MEDIA SOSIAL   GUBERNUR DKI ANIES BASWEDAN BERENCANA MENGUBAH NAMA KOTA TUA JADI BATAVIA UNTUK BEDAKAN DENGAN KOTA-KOTA TUA LAINNYA   PEMERINTAH TARGETKAN PERTUMBUHAN EKONOMI DI KISARAN 5,4-6% PADA 2022   MENTERI PPN SUHARSO MONOARFA: BUTUH INVESTASI HAMPIR RP 6.000 TRILIUN BUAT TOPANG PERTUMBUHAN EKONOMI DI 2022   PRESIDEN JOKOWI OPTIMISTIS EKONOMI NASIONAL TAHUN INI TUMBUH 4,5-5,5%   PRESIDEN JOKOWI: EKONOMI INDONESIA SAAT INI SUDAH MENUJU KE POSISI NORMAL   PRESIDEN JOKOWI SEBUT ADA RP 182 TRILIUN ANGGARAN PEMDA YANG MASIH TERSIMPAN DI BANK   PRESIDEN JOKOWI MINTA PELAKSANAAN VAKSINASI COVID-19 SECARA MASSAL DI DAERAH JANGAN SAMPAI BERHENTI