Kompas TV bisnis kebijakan

Dibayar Penuh, THR PNS Cair Paling Lambat 10 Hari Sebelum Lebaran

Kompas.tv - 15 April 2021, 15:35 WIB
dibayar-penuh-thr-pns-cair-paling-lambat-10-hari-sebelum-lebaran
Ilustrasi: Pegawai Negeri Sipil (PNS). (Sumber: KOMPAS.com/Farida Farhan)
Penulis : Dina Karina | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV- Pemerintah akan mempercepat pemberian tunjangan hari raya (THR) bagi PNS tahun ini. THR untuk PNS juga akan dibayarkan secara penuh.

Sekretaris Kemenko Perekonomian, Susiwijono Moegiarso mengatakan, pencairan THR PNS akan dilakukan lebih cepat yakni 10 hari sebelum lebaran Idul Fitri.

"Untuk yang ASN pun pak Menko (Airlangga Hartarto) kemarin sudah menyampaikan ke bu Menteri Keuangan (Sri Mulyani) untuk bisa dibayarkan H-10 (THR),"  kata Susiwijono kepada media, Kamis (15/04/2021).

Baca Juga: Siap-siap THR Dibayar Full, Pelajari Tips Kelola THR Yuk!

Pemberian THR untuk PNS ini berarti akan lebih cepat dibanding pegawai swasta, yaitu 7 hari sebelum lebaran. Pemerintah berharap pemberian THR yang lebih cepat akan memperbaiki daya beli masyarakat.

"Sehingga kira-kira 10 hari terakhir sebelum Ramadhan, baik ASN maupun karyawan swasta mempunyai daya beli dan diharapkan berbelanja," ujar Susiwijono.

Untuk mendorong konsumsi masyarakat, pemerintah juga akan membuat Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) sepekan sebelum lebaran.

Baca Juga: Pengusaha Apresiasi Diberi Ruang Dialog dengan Buruh soal THR, Tapi...

"H-7 atau H-5 kita bikin Harbolnas untuk mendorong spending masyarakat untuk membantu pertumbuhan ekonomi di kuartal II," ungkapnya.

Tahun lalu, THR dan Gaji ke-13 PNS tidak dibayar secara penuh karena keuntungan negara yang masih sangat seret dampak pandemi. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x