Kompas TV regional berita daerah

Di Lembata, Begini Cara Relawan Muhammadiyah Dampingi Anak-Anak Penyintas Banjir NTT

Kompas.tv - 15 April 2021, 19:10 WIB
di-lembata-begini-cara-relawan-muhammadiyah-dampingi-anak-anak-penyintas-banjir-ntt
Relawan Muhammadiyah dari Pimpinan Daerah Nasyiatul Aisyiyah (PDNA) Kabupaten Lembata mendampingi anak-anak penyintas banjir NTT, Rabu (14/4/2021) (Sumber: istimewa)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Deni Muliya

LEMBATA, KOMPAS.TV- Relawan Muhammadiyah dari Pimpinan Daerah Nasyiatul Aisyiyah (PDNA) Kabupaten Lembata mendampingi anak-anak penyintas banjir NTT, Rabu (14/4/2021).

Aktivitas pendampingan ini sudah dilakukan sejak 9 April 2021 di sejumlah posko milik pemerintah Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Dalam kegiatannya, PDNA Lembata melibatkan remaja Pashmina yaitu komunitas remaja yang dibentuk sebagai wadah para remaja dalam mengembangkan diri, bertukar pikiran tentang kesehatan, kesehatan reproduksi dan konsultasi psikologi.

Pashmina adalah program unggulan nasional Nasyiatul Aisyiyah

Layanan pendampingan psikososial dilaksanakan di tiga posko yaitu Selandoro, MIS Nursalam Lewoleba, dan SMPN 1 Nubatukan yang semuanya berada di Kecamatan Nubatukan.

Jumlah anak yang didampingi dalam kegiatan ini sebanyak 60 orang.

Baca Juga: Muhammadiyah dan NU Ingatkan Prokes saat Shalat Berjemaah

Menurut Zariah Arkiang, sekretaris PDNA Kabupaten Lembata, sejumlah aktivitas yang dilaksanakan saat pendampingan psikososal adalah menyanyi, mewarnai dan bermain.

“Kebetulan anak-anak yang kami dampingi sebagian besar adalah Katolik, maka kami menyesuaikan dengan anak-anak dalam melaksanakan giat pendampingan,” ujarnya dalam siaran pers Rabu (14/4/2021).

Selain bermain, bernyanyi, dan mewarnai, para relawan Muhammadiyah dari PDNA Kabupaten Lembata juga melaksanakan promosi kesehatan (promkes) cuci tangan dan mandi.

Mereka juga melakukan sosialisasi tentang hak-hak anak, akan tetapi masih terkendala kurangnya media.

Ketua PDNA Kabupaten Lembata, Faridah Ningsih membuka layanan di dua tempat, yakni Kecamatan Nubatukan dan Omesuri.

“Di Nubatukan kami fokus di pendampingan psikososial, sedangkan di Omesuri kami juga membuka donasi untuk bantuan logistik. Fokus layanan kami di Omesuri karena di awal-awal bencana minim bantuan yang masuk,” ucapnya.

Baca Juga: Masih Pandemi Covid-19, Muhammadiyah Imbau Warga di Zona Merah, Oranye, dan Kuning Salat di Rumah

Saat ini beragam bantuan mulai berdatangan.

Donasi yang sudah masuk berupa uang dan barang berupa pakaian layak pakai, susu, air mineral gelas, mie instan, minyak goreng serta beras.

Berbagai pihak mempercayakan bantuannya kepada relawan Muhammadiyah dari PDNA Lembata, seperti, Orang Muda Katolik (OMK) Lembata dan perusahaan swasta di Lembata.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x