Kompas TV bisnis perbankan

BI Siapkan Uang Kartal untuk Ramadan dan Lebaran Sebesar Rp152,14 Triliun

Kompas.tv - 15 April 2021, 19:31 WIB
bi-siapkan-uang-kartal-untuk-ramadan-dan-lebaran-sebesar-rp152-14-triliun
Gedung Bank Indonesia (Sumber: (Kompas.com/Robertus Belarminus))
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Bank Indonesia memperkirakan pada bulan Ramadan hingga Lebaran 2021 akan ada peningkatan sebesar 39,3 persen penarikan uang kartal dari perbankan. Untuk itu, mereka menyiapkan uang kartal yang nilainya lebih tinggi dibanding tahun sebelumnya.

Peningkatan tersebut dari pertimbangan meningkatnya pergerakan masyarakat yang berdampak pada perbaikan kondisi ekonomi nasional. Bank Indonesia (BI) memperkirakan, penarikan uang kartal dari perbankan pada Ramadan-Lebaran 2021 sebesar Rp152,14 triliun.

Angka tersebut naik 39,3 persen dibandingkan dengan periode sama tahun sebelumnya, dilansir dari halaman Kompas.id.

Sebanyak 90,07 persen di antaranya berupa pecahan besar, yakni Rp50.000 dan Rp100.000. Meski demikian, jumlah kebutuhan tersebut belum kembali ke posisi pada Ramadan-Lebaran 2019 yang sebesar Rp192 triliun.

Baca Juga: Bank Indonesia Pertahankan Suku Bunga Acuan 3,5%

Menurut Kepala Departemen Pengelolaan Uang BI Marlison Hakim, Rabu (14/4/2021), walaupun saat ini sedang tren pembayaran secara digital, masyarakat tetap berminat menyiapkan uang kartal lantaran tradisi yang sudah berlangsung lama selama Ramadan-Lebaran.

Menurutnya, kenaikan uang kartal pada Ramadan-Lebaran tahun ini disebabkan oleh tingkat mobilitas masyarakat yang berpengaruh pada perbaikan perekonomian dan potensi percepatan realisasi bantuan sosial tunai. 

”Namun, kami juga telah mempertimbangkan kebijakan larangan mudik,” ujarnya dalam telekonferensi pers BI di Jakarta.

Masyarakat dapat menukarkan uangnya melalui perbankan pada 12 April-11 Mei 2021. Ada 4.608 titik layanan penukaran uang yang bekerja sama dengan 107 bank. Jumlah titik layanan tersebut meningkat 23 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Ia menambahkan, BI tidak melayani penukaran uang masyarakat secara individu, melainkan melalui perbankan untuk menghindari penumpukan orang yang berpotensi menjadi kluster penularan Covid-19. 

Baca Juga: Layanan Penukaran Uang untuk Lebaran Mulai 12 April-11 Mei 2021

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.