Kompas TV cerita ramadan amalan

5 Manfaat Membaca Surat Yasin untuk Kehidupan, Salah Satunya Dimudahkan dalam Kesulitan

Kompas.tv - 15 April 2021, 19:23 WIB
5-manfaat-membaca-surat-yasin-untuk-kehidupan-salah-satunya-dimudahkan-dalam-kesulitan
Ilustrasi amalan di bulan Ramadan yang bisa dilakukan perempuan saat sedang haid. (Sumber: Unsplash/Rizky Yulian)
Penulis : Dian Septina | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Surat Yasin dijuluki sebagai jantung dari Alquran. Terdiri dari 83 ayat, surat ini memiliki tiga hal pokok, yaitu iman kepada hari kebangkitan, kisah penduduk desa dan dalil-dalil yang menunjukkan Allah SWT itu Esa.

Selain itu, surat ini juga mengungkapkan tentang surga dan sifatnya yang disediakan bagi orang mukmin. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut lima manfaat membaca surat Yasin:

1. Hidup menjadi berkah

Manfaat membaca surat Yasin yang pertama adalah hidup menjadi berkah karena mendapatkan pahala selama membaca ayat suci Alquran. Jika hidup menjadi berkah niscaya bahwa segala urusan duniawi dan surgawi menjadi lancar.

2. Dilimpahkan kebahagiaan

Surat Yasin juga bisa mengembalikan suasana hati menjadi damai, tenang, dan suka cita. Apalagi membaca surat Yasin setiap hari, membuat batin menjadi lebih tenang dan tidak gelisah.

"Orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah-lah hati menjadi tenteram.” (Ar-ra’ad :28).

3. Dosa-dosa diampuni

Surat Yasin juga ampuh untuk menghapuskan dosa-dosa selama hidup di dunia. Jika terus mengamalkan membaca surat Yasin maka dosa-dosa sebesar gunung pun akan diampuni oleh Allah SWT.

“Siapa yang membaca (surat) Yasin pada malam hari dengan mengharap keridhoan Allah maka diampuni dosa-dosanya.” (HR. At Thabrani dan Al-Bayhaqi, dari Abu hurairah ra).

4. Dilancarkan rezekinya

Manfaat membaca surat Yasin berikutnya adalah mendapatkan kelancaran rezeki. Termasuk juga kelancaran rezeki ini berupa dimudahkan segala keinginan dan hajatnya, dengan terus istikamah dan berusaha maka Allah SWT akan semakin mempermudah segalanya.

“Barang siapa yang membaca surat Yasin dari pagi hari, maka pekerjaan di hari itu dimudahkan dengan keberhasilan, dan jika membacanya di akhir suatu hari maka tugasnya hingga pagi hari berikutnya akan dimudahkan juga.” (Sunaan daarimi juz 2 halaman 549).

5. Dijauhkan dari malapetaka

Membaca surat Yasin ini juga salah satu cara agar bisa terbebas dari petaka. Allah SWT akan lebih melindungi, termasuk diselamatkan selama hidup di dunia, tidak diberi penyakit yang membahayakan, mati syahid, dimudahkan saat akan keluar ruh, bahkan diberi keselamatan juga ketika di akhirat nanti.

“Barang siapa yang membiasakan membaca Yasin setiap malam maka tanpa terduga dia menemui ajalnya, maka matinya dalam keadaan syahid.” (HR.At- thobroni, dari pernyataan Anas bin Malik).



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x