Kompas TV nasional berita utama

Presiden Jokowi Minta Kebangkitan Industri Otomotif Dijaga dari Kasus Aktif Covid-19

Kompas.tv - 15 April 2021, 13:15 WIB
presiden-jokowi-minta-kebangkitan-industri-otomotif-dijaga-dari-kasus-aktif-covid-19
Presiden Joko Widodo saat Pembukaan Pameran Otomotif Indonesia International Motor Show Hybrid 2021, 15 April 2021 (Sumber: Tangkapan Layar Youtube Setpres)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV- Presiden Joko Widodo mengatakan kebangkitan industri otomotif jangan sampai terganggu lagi dengan naiknya kasus aktif Covid-19. Untuk itu, Presiden Jokowi berharap situasi yang mulai pulih di industri otomotif perlu dijaga baik-baik.

“Ini harus betul-betul kita jaga agar kebangkitan di industri otomotif ini jangan sampai terganggu lagi karena pandemi Covid-19 naik,” kata Presiden Jokowi saat membuka Pameran Otomotif Indonesia International Motor Show Hybrid 2021, Kamis (15/4/2021).

Jokowi menuturkan, banyak negara yang sudah mengalami penurunan kasus aktif Covid-19 mengalami lonjakan kembali. Hal tersebut terjadi karena tidak bisa menjaga kewaspadaannya menghadapi Covid-19.

Baca Juga: Mobil Listrik Jadi Perhatian Presiden Jokowi saat Buka Pameran Otomotif

“Ini yang harus kita jaga, karena kita ingat di bulan Januari kasus harian kita berada di angka 13.000, 14.000, 15.000 bahkan saat itu,” ujarnya.

“Dalam 3 minggu ini kita sudah berada di angka yang baik menurut saya, 6.000, 5.000, 4.000, naik turun berada di angka itu. Ini yang harus kita jaga dan terus kita tekan agar terus berkurang,” tambahnya.

Sementara itu, Jokowi menuturkan angka kesembuhan Indonesia dalam kasus Covid-19 saat ini mencapai angka 90,5 persen.

Baca Juga: Presiden Jokowi Beberkan Pentingnya Investasi untuk Pertumbuhan Ekonomi Indonesia

“Di atas rata-rata, jauh di atas rata-rata dunia, jauh juga di atas rata-rata Asia, ini juga yang harus dijaga,” ujarnya.

Oleh karena itu, sambung Presiden Jokowi, pemerintah berharap kapasitas produksi industri otomotif dalam negeri ini bisa ditingkatkan.

“Dengan pemakaian kandungan lokal yang semakin tinggi,” katanya.

Baca Juga: Jokowi: Di Negara Lain Kasus Covid-19 Melonjak karena Tidak Waspada

“Dan juga bukan hanya ngurus pasar dalam negeri saja, tapi bergerak menggarap pasar pasar ekspor, ini saya lihat peningkatannya sudah baik, tetapi kita ingin lebih ditingkatkan lagi,” lanjutnya.

Terkait kegiatan ini, Presiden Jokowi berharap pameran ini bisa meningkatkan sekaligus menunjukkan kesiapan kita untuk menjadi tuan rumah penyelenggara event otomotif berskala internasional.

“Termasuk kesiapan kita untuk menggelar MotoGP di Mandalika, Formula E di Jakarta dan event-event internasional lainnya,” tutup Jokowi.

Baca Juga: Minta Kepala Daerah Jangan Puas Hanya Baca Laporan, Presiden Jokowi: Lihat di Lapangan

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x