Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Tarif Layanan di Tanjung Priok Naik, Harga Kulkas dan AC Bisa Ikut Naik

Kamis, 15 April 2021 | 13:37 WIB
tarif-layanan-di-tanjung-priok-naik-harga-kulkas-dan-ac-bisa-ikut-naik
Aktivitas bongkar muat peti kemas di Pelabuhan Tanjung Priok (Sumber: Tribunnews.com)

JAKARTA, KOMPAS.TV- Tarif layanan jasa di Pelabuhan Tanjung Priok mulai naik hari ini, Kamis (15/4/2021). Namun kenaikan itu diprotes oleh pelaku usaha. Salah satunya adalah Perusahaan Pendingin Refrigerasi Indonesia (Perprindo).

Sekjen Perprindo, Andy Arif Widjaja menyayangkan pemilihan waktu naiknya tarif Lift on -Lift Off (Lo-Lo). Lantaran saat ini industri pendingin refrigerasi masih mengalami berbagai tantangan akibat pandemi. Sehingga naiknya tarif jasa layanan di pelabuhan Tanjung Priok akan memberatkan pelaku usaha.

"Anggota Perprindo mengalami tantangan kenaikan bahan baku seperti tembaga, kompressor dan lainnya, kurs Rupiah yang melemah, kenaikan harga Freight dan sekarang harus ditambah lagi kenaikan Lift On -Lift Off yang sangat besar tingkat kenaikannya di 52%," ungkap Andy seperti dikutip dari Kontan.co.id, Kamis (15/04/2021).

Baca Juga: Tarif Jasa di Pelabuhan Tanjung Priok Naik Mulai Hari Ini

Menurut Andy, tekanan paling besar dirasakan anggota Perprindo yang basis produksinya di Indonesia.

Mayoritas bahan baku yang diimpor menggunakan dollar AS, membuat biaya produksi meningkat dan akhirnya harga jual ke konsumen juga harus naik.

"Sementara untuk anggota Perprindo yang importir, maka salah satu komponen Harga Pokok Penjualan (HPP) yakni biaya impor,  dampaknya harga jual produk juga otomatis menjadi naik, " tambahnya.

Andy menegaskan kenaikan biaya ini dapat mengakibatkan kenaikan harga jual produk refrigerasi seperti  AC, Kulkas, Showcase yang menjadi kebutuhan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Barang-barang itu, kini bukan barang mewah lagi.

Baca Juga: Pengusaha Nilai Tarif Royalti Lagu/Musik untuk Bioskop Rp 3,6 Juta Terlalu Besar

"Akan terjadi penyesuaian harga atau naik antara 5% hingga 8% tergantung jenis produknya, " ujar Andy.

Penulis : Dina Karina | Editor : Iman Firdaus

Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Titik Api Di Sumsel Mulai Menyebar

Minggu, 1 Agustus 2021 | 21:23 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
22:18
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19