Kompas TV regional berita daerah

Berkah Ramadan, Penjualan Buah Kurma Meningkat 70 Persen

Kamis, 15 April 2021 | 11:35 WIB

JEMBER, KOMPAS.TV - Memasuki bulan ramadan, penjualan buah kurma di Kabupaten Jember Jawa Timur meningkat drastis. Selain sebagai makanan pembuka buka puasa yang dianjurkan agama, buah kurma juga dapat membantu menjaga imunitas tubuh.

Peningkatan penjualan buah kurma salah satunya terjadi di toko alwi agen penjual buah kurma dan busana muslim yang ada di Pasar Tanjung Kabupaten Jember Jawa Timur. Penjualan buah kurma di toko ini meningkat 70 persen.

Baca Juga: Manfaat Kurma untuk Menu Berbuka dan Sahur Bagi Kesehatan

Toko buah kurma di Pasar Tanjung menjual berbagai jenis buah kurma, baik lokal maupun impor. Ada buah kurma Mesir, Libya, Tunisia, Madinah, Saudi Arabia, Palestina dan Amerika. Namun yang paling diburu warga untuk menu takjil atau buka puasa adalah buah kurma dari negara Mesir.

Salah satu pembeli buah kurma, Dewi Ratnasari mengaku lebih menyukai buah kurma Mesir, karena teksturnya besar, rasa manis legit dan harganya lebih murah.

Harga buah kurma dipatok hampir seragam, yakni 19.000 rupiah per kilogram untuk semua jenis. Sedangkan untuk kemasan kotak dijual antara 40 ribu rupiah hingga 100 ribu rupiah per 500 gramnya.

Baca Juga: Santap Kurma saat Berbuka Puasa, Ahli Beberkan Sederet Manfaatnya

Pedagang buah kurma, Alwi Al Habsyi mengaku harga kurma cenderung murah dibanding tahun lalu, karena di masa pandemi covid-19, daya beli masyarakat menurun.

Peningkatan penjualan buah kurma lebih tinggi dibandingkan pada Ramadan tahun lalu, dimana saat itu kegiatan masyarakat dibatasi oleh pemerintah untuk mencegah penularan virus corona.

 

#BerkahRamadan #Kurma #PedagangKurma #Jember #Takjil #BusanaMuslim

 

Penulis : KompasTV Jember





BERITA LAINNYA


KOMPAS BISNIS

Warga Indonesia Demam Crypto

Sabtu, 1 Mei 2021 | 02:57 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
03:21
MENKOMINFO: HINGGA 30 APRIL 2021, ADA 1.556 HOAKS SOAL COVID-19 DAN 177 SOAL VAKSIN    DISHUB DKI: PENGAJUAN SIKM SELAMA MASA LARANGAN MUDIK BISA DILAKUKAN SECARA DARING    CEGAH PENULARAN COVID-19, PEMPROV JABAR PERPANJANG KERJA SAMA PENYEDIAAN HOTEL UNTUK TENAGA KESEHATAN    POLDA METRO JAYA: SEBANYAK 6.394 PERSONEL GABUNGAN DIKERAHKAN UNTUK ANTISIPASI AKSI "MAY DAY" PADA 1 MEI 2021    DEPUTI V KSP JALESWARI MINTA MASYARAKAT TAK KHAWATIR SOAL PENYEBUTAN KKB PAPUA SEBAGAI ORGANISASI TERORISME    DUKUNG KEMUDAHAN INVESTASI, MENDAGRI MINTA KEPALA DAERAH INVENTARISASI PERDA YANG TAK RELEVAN    MENTERI PPPA: LAKI-LAKI HARUS DUKUNG PERJUANGAN PEREMPUAN CAPAI KESETARAAN GENDER    KEMENTERIAN KESEHATAN: WASPADA PENYEBARAN VARIAN KORONA B117, MOBILITAS WARGA PERLU DITEKAN    PRESIDEN JOKOWI NYATAKAN PEMERINTAH TIDAK INGIN ANGKA KEMATIAN IBU MENINGKAT DI MASA PANDEMI COVID-19    PEMPROV DKI JAKARTA AKAN TINGKATKAN PENGAWASAN TEMPAT KARANTINA WARGA NEGARA ASING    ANTISIPASI LONJAKAN PENUMPANG, TERMINAL KALIDERES, JAKARTA BARAT, AKAN TAMBAH KUOTA TES GENOSE    KEPALA KSP MOELDOKO: AKSES LAYANAN KESEHATAN JIWA MASIH TERBATAS, BARU ADA 51 RUMAH SAKIT JIWA    KEPALA KSP MOELDOKO MINTA MENKES BUDI GUNADI SADIKIN BANGUN RUMAH SAKIT JIWA DI ENAM PROVINSI   POLRES METRO JAKARTA TIMUR SIAPKAN 388 PERSONEL UNTUK PENGAMANAN HARI BURUH PADA 1 MEI 2021