Kompas TV regional berita daerah

Berkah Ramadan, Penjualan Buah Kurma Meningkat 70 Persen

Kompas.tv - 15 April 2021, 11:35 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, KOMPAS.TV - Memasuki bulan ramadan, penjualan buah kurma di Kabupaten Jember Jawa Timur meningkat drastis. Selain sebagai makanan pembuka buka puasa yang dianjurkan agama, buah kurma juga dapat membantu menjaga imunitas tubuh.

Peningkatan penjualan buah kurma salah satunya terjadi di toko alwi agen penjual buah kurma dan busana muslim yang ada di Pasar Tanjung Kabupaten Jember Jawa Timur. Penjualan buah kurma di toko ini meningkat 70 persen.

Baca Juga: Manfaat Kurma untuk Menu Berbuka dan Sahur Bagi Kesehatan

Toko buah kurma di Pasar Tanjung menjual berbagai jenis buah kurma, baik lokal maupun impor. Ada buah kurma Mesir, Libya, Tunisia, Madinah, Saudi Arabia, Palestina dan Amerika. Namun yang paling diburu warga untuk menu takjil atau buka puasa adalah buah kurma dari negara Mesir.

Salah satu pembeli buah kurma, Dewi Ratnasari mengaku lebih menyukai buah kurma Mesir, karena teksturnya besar, rasa manis legit dan harganya lebih murah.

Harga buah kurma dipatok hampir seragam, yakni 19.000 rupiah per kilogram untuk semua jenis. Sedangkan untuk kemasan kotak dijual antara 40 ribu rupiah hingga 100 ribu rupiah per 500 gramnya.

Baca Juga: Santap Kurma saat Berbuka Puasa, Ahli Beberkan Sederet Manfaatnya

Pedagang buah kurma, Alwi Al Habsyi mengaku harga kurma cenderung murah dibanding tahun lalu, karena di masa pandemi covid-19, daya beli masyarakat menurun.

Peningkatan penjualan buah kurma lebih tinggi dibandingkan pada Ramadan tahun lalu, dimana saat itu kegiatan masyarakat dibatasi oleh pemerintah untuk mencegah penularan virus corona.

 

#BerkahRamadan #Kurma #PedagangKurma #Jember #Takjil #BusanaMuslim

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.