Kompas TV regional peristiwa

Kawasan Pesisir Utara Papua Waspada Badai Siklon Tropis 94W

Kompas.tv - 15 April 2021, 12:06 WIB
kawasan-pesisir-utara-papua-waspada-badai-siklon-tropis-94w
Citra satelit yang menunjukkan adanya pertumbuhan Bibit Siklon Tropis 94W (lingkaran biru) di Samudera Pasifik utara Papua, Senin (12/4 (Sumber: BNPB)
Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Purwanto

JAYAPURA, KOMPAS.TV - Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Papua meminta sejumlah kawasan di pesisir utara mewaspadai potensi badai siklon tropis 94W.

Permintaan Kewaspadaan ini muncul setelah Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengeluarkan peringatan dini yang ditujukan ke 30 provinsi di Indonesia mengenai potensi badai.

Baca Juga: Waspadai Hujan Deras dan Angin Kencang Sebagai Buntut Siklon Tropis Surigae

"Dalam seminggu ke depan, Papua juga akan dilanda badai siklon tropis 94W, di sekitar wilayah utara yakni Biak, Sarmi, Jayapura, yang berada pada daerah pinggiran," ujar Kepala BPBD Papua, Willem R Manderi, di Jayapura, Kamis (15/4/2021).

Surat peringatan dini dari BNPB diteruskan kepada pemerintah kabupaten dan kota agar bisa mengantisipasi dampak buruk yang mungkin timbul jika badai benar-benar terjadi.

Baca Juga: Setelah Badai Seroja Menerpa, Bagian Timur Indonesia Diminta Waspadai Siklon Tropis Surigae

"Kami berharap dengan kesiapsiagaan ini dapat meminimalisir dampak dari badai siklon tropis 94W yang sebelumnya pernah menerjang NTT," kata dia.

Merespons hal ini, Kepala Kepolisian Daerah Papua, Inspektur Jenderal Mathius D. Fakhiri, memerintahkan seluruh jajarannya di wilayah yang memiliki potensi terdampak badai siklon trpis 94W bersiap siaga. 

"Kami selalu siaga dan siap selalu membantu masyarakat bila badai ini tiba," kata Fakhiri.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x