Kompas TV nasional berita utama

Presiden Jokowi Ingin Industri Otomotif Bangkit dan Memperkerjakan Banyak Pekerja

Kompas.tv - 15 April 2021, 11:58 WIB
presiden-jokowi-ingin-industri-otomotif-bangkit-dan-memperkerjakan-banyak-pekerja
Presiden Joko Widodo saat Pembukaan Pameran Otomotif Indonesia International Motor Show Hybrid 2021, 15 April 2021 (Sumber: Tangkapan Layar Youtube Setpres)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV- Presiden Joko Widodo ingin industri otomotif Indonesia segera bangkit setelah diterpa pandemi Covid-19. Kebangkitan industri otomotif diharapkan menyerap lebih banyak tenaga kerja, menggerakkan industri UMKM dan menambah barang ekspor ke pasar global.

Hal tersebut disampaikan Presiden Jokowi saat membuka Pameran Otomotif Indonesia International Motor Show Hybrid 2021, Kamis (15/4/2021).

“Keinginan saya juga segera memperkerjakan lebih banyak lagi tenaga kerja dan juga ikut menggerakkan industri UMKM dan juga segera bisa menaikkan ekspor kita ke negara-negara lain ke pasar global,” kata Jokowi.

“Namun yang juga harus kita ingat bersama-sama, kita ini masih didalam masa pandemi. Kita harus tetap waspada terhadap pandemi Covid-19. Tapi juga kita tidak boleh berhenti kan dalam menggerakan ekonomi? Tetap dengan kewaspadaan, tetap dengan kehati-hatian,” tambahnya.

Baca Juga: Presiden Jokowi Minta Pemerintah Daerah Manfaatkan APBD untuk Bantu Masyarakat Lapisan Bawah

Presiden Jokowi mengatakan, industri otomotif merupakan salah satu penggerak perekonomian kita yang harus segera diakselerasi dan percepat.

“Karena di sini banyak keterlibatan pelaku usaha dalam negeri dari mulai hulu sampai hilir yang harus ditingkatkan, keterlibatan industri UMKM dalam rantai pasok juga harus terus ditingkatkan,” ujarnya.

“Dan nilai tambah untuk ekonomi dalam negeri juga harus menjadi prioritas. Tentu saja yang paling penting adalah penyerapan tenaga kerja lokal dan peningkatan kesejahteraan masyarakat, goal-nya adalah di sini,” tambahnya.

Baca Juga: Targetkan 70 Juta Jiwa Tervaksinasi Juli, Jokowi Minta Kepala Daerah Bekerja Detil Tangani Covid-19

Selain itu, lanjut Presiden Jokowi, transformasi menuju green teknologi juga perlu dilakukan. Karena teknologi hijau, produk ijo, ini ke depan akan menjadi tumpuan karena kita memiliki potensi dan kekuatan di sini.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x