Kompas TV video cerita indonesia

Mengunjungi Masjid Agung Manonjaya, Tertua di Tasikmalaya

Kompas.tv - 15 April 2021, 10:20 WIB
Penulis : Theo Reza

TASIKMALAYA, KOMPAS.TV - Masjid Agung Manonjaya dibangun pada 1832 oleh Raden Tumenggung Danuningrat. Sampai saat ini, masjid tertua di Priangan Timur ini tampak masih kokoh meski berumur ratusan tahun.

Bangunan Masjid Agung Manonjaya yang terletak di jalan Rta Prawira Adiningrat, Kecamatan Manonjaya, Kabupaten Tasikmalaya ini merupakan sejarah peninggalan jaman Belanda.

Masjid yang memiliki perpaduan arsitektur gaya eropa, jawa dan sunda ini di bangun pada tahun 1832.

Masjid ini dibangun pada masa Bupati Tumenggung Daruningrat atau Wiradadaha VIII yang saat itu daerah Manonjaya masih menjadi ibu kota Sukapura.

Hingga kini, masjid yang memiliki dua menara pelangan atau laki-laki dan menara pawadonan atau perempuan masih di jadikan sebagai pusat kegiatan umat islam.

Keunikan lainnya, saat memasuki gerbang luar masjid ada sekitar 51 tiang saka masjid, dari total 61 tiang yang ada dengan diameter antara 50 sampai 80 sentimeter.

Tiang saka terbuat dari tembok berbentuk segi delapan hasil adaptasi arsitektur neoclassic eropa yang pada bagian bawah dan ada bagian atasnya, diakhiri dengan kepala tiang berbentuk segi empat.

Atap masjid ini tidak menggunakan kubah seperti kebanyakan masjid lainnya, melainkan menggunakan atap tumpang tiga.

Sementara Mustaka yang ada diatas menara masjid merupakan adaptasi dari elemen sakral bangunan hindu pra-islam di Jawa.

Pemelihara Masjid Agung Manonjaya, Mulyadi mengatakan sudah hampir 19 tahun dirinya merawat dan memelihara Masjid Agung Manonjaya yang hampir setiap hari lantai hingga isi ruangan di bersihkan dan dua minggu sekali membersihkan rumput yang ada di halaman masjid.

Awalnya di areal Masjid Agung ada gedung pendopo, namun seriring waktu ada perubahan dan di pugar diganti menjadi halaman masjid. Namun keberadaan bale nikah hingga kini masih ada di pinggir masjid.

Selama bulan ramadan, keberaadan masjid tertua di wilayah Priangan Timur dijadikan pusat keagamaan, mulai dari sholat tarawih, tadarus, kuliah subuh hingga kuliah duhur, buka bersama dan tahun ini ada kegiatan Forum Komunikasi Muslim Manonjaya yang di gelar di halaman masjid.

Video Editor: Faqih



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x