Kompas TV video cerita indonesia

Jokowi ke Kepala Daerah: Anggaran Jangan Cuma Dibagi Rata ke Masing-masing Dinas!

Kompas.tv - 15 April 2021, 09:43 WIB
Penulis : Theo Reza

JAKARTA, KOMPAS.TV – Presiden Joko Widodo memberi arahan kepada seluruh kepala daerah yang terpilih untuk tidak membagi rata anggaran di setiap dinas, sehingga manfaatnya tidak dirasakan masyarakat.

Hal ini disampaikan Jokowi saat memberi arahan kepada peserta rapat koordinasi Kepala Daerah tahun 2021 secara Virtual, Rabu (14/4)

"Jangan sampai sekali lagi yang namanya anggaran diecer-ecer di setiap dinas, di setiap unit. Sehingga setiap tahun itu anggaran ya terbelanjakan tapi tidak ada baunya sama sekali. Tidak dirasakan kemanfaatannya oleh rakyat,”ujar Jokowi.

Jokowi meminta kepada kepala daerah untuk konsentrasi kepada satu hingga tiga mata anggaran. Dia juga mencontohkan terdapat satu provinsi yang memiliki 40.000 mata anggaran.

"Menurut saya semakin sedikit kegiatan akan semakin secara manajemen akan semakin gampang ngontrolnya, semakin gampang ngeceknya dan hasilnya akan semakin kelihatan.”ujar Jokowi

“Oleh sebab itu saya titip buat satu, dua atau tiga saja kegiatan besar yang anggarannya dikonsentrasikan ke sana. Sehingga hasilnya bisa dilihat, dirasakan manfaatnya oleh masyarakat," lanjutnya.

Video Editor: Faqih



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x