Kompas TV internasional kompas dunia

Tiga Anak Harimau Langka Tampil Perdana di Depan Publik, Dua Harimau Amur dan Satu Harimau Malaya

Kamis, 15 April 2021 | 03:34 WIB
tiga-anak-harimau-langka-tampil-perdana-di-depan-publik-dua-harimau-amur-dan-satu-harimau-malaya
Seekor dari tiga anak harimau ditampilkan kepada publik hari Rabu, 14 April 2021 di Kebun Binatang Cleveland Metroparks, Amerika Serikat (Sumber: Kyle Lanzer/Cleveland Metroparks Zoo via AP)

CLEVELAND, KOMPAS.TV — Dua ekor anak harimau langka tampil di depan publik untuk pertamakalinya  hari Rabu, (14/04/2021) di Kebun Binatang Cleveland Metroparks, Amerika Serikat, seperti dilaporkan Associated Press, Kamis, (15/04/2021).

Dua ekor anak Harimau Amur itu diberi nama Luka dan Anja, lahir di kebun binatang tersebut bulan Desember lalu. Selain itu, seekor anak harimau Malaya yang diberi nama Indra juga lahir bulan Desember lalu di kebun binatang Tulsa, Oklahoma. 

Petugas kebun binatang di AS mengatakan, rencananya, tiga anak harimau dari subspesies berbeda itu akan dibesarkan bersama-sama agar mereka bisa berkembang, terutama setelah masa dimana sang induk sudah menyapih mereka.

Indra, sang harimau malaya, dibawa dari Tulsa ke Cleveland atas rekomendasi Tiger Species Survival Plan.

Baca Juga: Penampakan Sosok Harimau Sumatera di Pendakian, Gunung Sibayak Ditutup Sementara

Dua dari tiga anak harimau ditampilkan kepada publik hari Rabu, 14 April 2021 di Kebun Binatang Cleveland Metroparks (Sumber: Kyle Lanzer/Cleveland Metroparks Zoo via AP)

Harimau Amur yang juga dikenal sebagai Harimau Siberia hanya bisa ditemukan di Rusia Timur dan China Timur Laut. Subspesies itu terhitung dalam kondisi terancam keberadaannya (Endangered). Sementara Harimau Malaya hanya bisa ditemukan di semenanjung Malaysia dan saat ini statusnya terancam punah (Critically Endangered) menurut skala IUCN. 

Saat ini hanya terdapat beberapa ratus individu dari masing-masing subspesies yang hidup di habitat alami mereka, menurut petugas kebun binatang di AS. 

Penulis : Edwin Shri Bimo





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
23:13
KEMENDESA PDTT HARAP BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDES) JADI INSTRUMEN PERTUMBUHAN EKONOMI DESA   WAGUB DKI AHMAD RIZA PATRIA INGATKAN WARGA TAATI PROTOKOL KESEHATAN SAAT BERZIARAH   KAPOLDA PAPUA PASTIKAN PENEGAKAN HUKUM TERHADAP KKB DILAKUKAN SESUAI STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP)   MENPAN RB TJAHJO KUMOLO AKAN JATUHKAN SANKSI TERHADAP 134 ASN YANG DIDUGA MELANGGAR ATURAN MUDIK LEBARAN   RSKI PULAU GALANG KINI HANYA LAYANI PEKERJA MIGRAN INDONESIA YANG POSITIF COVID-19 SAAT PULANG KE TANAH AIR   GUBERNUR GORONTALO RUSLI HABIBIE APRESIASI WARGA YANG TAAT ATURAN MUDIK LEBARAN   JAGA PEMULIHAN EKONOMI TERUS BERLANJUT, PEMERINTAH ANTISIPASI LONJAKAN KASUS COVID-19 PASCALIBUR LEBARAN 2021   PEMPROV SUMATERA SELATAN PERPANJANG MASA PENYEKATAN ARUS MUDIK HINGGA 31 MEI 2021   POLDA SUMATERA UTARA LANJUTKAN PENYEKATAN KENDARAAN HINGGA 24 MEI 2021    KETUA SATGAS: MASYARAKAT BARU BISA MERASA NYAMAN APABILA KASUS PENULARAN COVID-19 DAPAT TERUS TERKENDALI    KETUA SATGAS DONI MONARDO: HAMPIR SEMUA WILAYAH PULAU SUMATERA ZONA MERAH DAN ORANYE COVID-19    DINAS PERHUBUNGAN DKI JAKARTA GELAR PENYEKATAN PERGERAKAN ORANG SAMPAI 24 MEI 2021   MENSOS SEGERA MINTA ARAHAN PRESIDEN JOKOWI UNTUK MASUKKAN BNPB DALAM RUU PENANGGULANGAN BENCANA    ANTISIPASI LONJAKAN COVID-19, PEMKOT TANGERANG SIAPKAN ENAM RUMAH ISOLASI TERKONSENTRASI (RIT)