Kompas TV internasional kompas dunia

Tiga Anak Harimau Langka Tampil Perdana di Depan Publik, Dua Harimau Amur dan Satu Harimau Malaya

Kompas.tv - 15 April 2021, 03:34 WIB
tiga-anak-harimau-langka-tampil-perdana-di-depan-publik-dua-harimau-amur-dan-satu-harimau-malaya
Seekor dari tiga anak harimau ditampilkan kepada publik hari Rabu, 14 April 2021 di Kebun Binatang Cleveland Metroparks, Amerika Serikat (Sumber: Kyle Lanzer/Cleveland Metroparks Zoo via AP)
Penulis : Edwin Shri Bimo

CLEVELAND, KOMPAS.TV — Dua ekor anak harimau langka tampil di depan publik untuk pertamakalinya  hari Rabu, (14/04/2021) di Kebun Binatang Cleveland Metroparks, Amerika Serikat, seperti dilaporkan Associated Press, Kamis, (15/04/2021).

Dua ekor anak Harimau Amur itu diberi nama Luka dan Anja, lahir di kebun binatang tersebut bulan Desember lalu. Selain itu, seekor anak harimau Malaya yang diberi nama Indra juga lahir bulan Desember lalu di kebun binatang Tulsa, Oklahoma. 

Petugas kebun binatang di AS mengatakan, rencananya, tiga anak harimau dari subspesies berbeda itu akan dibesarkan bersama-sama agar mereka bisa berkembang, terutama setelah masa dimana sang induk sudah menyapih mereka.

Indra, sang harimau malaya, dibawa dari Tulsa ke Cleveland atas rekomendasi Tiger Species Survival Plan.

Baca Juga: Penampakan Sosok Harimau Sumatera di Pendakian, Gunung Sibayak Ditutup Sementara

Dua dari tiga anak harimau ditampilkan kepada publik hari Rabu, 14 April 2021 di Kebun Binatang Cleveland Metroparks (Sumber: Kyle Lanzer/Cleveland Metroparks Zoo via AP)

Harimau Amur yang juga dikenal sebagai Harimau Siberia hanya bisa ditemukan di Rusia Timur dan China Timur Laut. Subspesies itu terhitung dalam kondisi terancam keberadaannya (Endangered). Sementara Harimau Malaya hanya bisa ditemukan di semenanjung Malaysia dan saat ini statusnya terancam punah (Critically Endangered) menurut skala IUCN. 

Saat ini hanya terdapat beberapa ratus individu dari masing-masing subspesies yang hidup di habitat alami mereka, menurut petugas kebun binatang di AS. 

Anak harimau itu masing-masing berbobot sekitar 13-14 kilogram dan saat ini sudah menyelesaikan transisi menu makanan ke menu daging sesuai kodrat mereka. 

Pengunjung kebun binatang bisa melihat anak-anak harimau itu pukul 10 dan pada tengah hari saat mereka belajar untuk transisi ke situasi yang mendekati habitat alami mereka di kebun binatang.

Baca Juga: Desa Ini Dihuni 3.000 Janda, Suami Mereka Tewas Dimangsa Harimau

Dua dari tiga anak harimau ditampilkan kepada publik hari Rabu, 14 April 2021 di Kebun Binatang Cleveland Metroparks, Amerika Serikat (Sumber: Kyle Lanzer/Cleveland Metroparks Zoo via AP)

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.