Kompas TV internasional kompas dunia

Pelajaran dari Jerman, Negara Itu Wajibkan Dunia Usaha Gratiskan Tes Covid-19 bagi Karyawan

Kompas.tv - 14 April 2021, 23:20 WIB
pelajaran-dari-jerman-negara-itu-wajibkan-dunia-usaha-gratiskan-tes-covid-19-bagi-karyawan
Orang-orang menunggu tes COVID-19 di luar sebuah lokasi tes di Berlin, ibu kota Jerman, pada 12 April 2021 (Sumber: Xinhua/Stefan Zeitz)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Fadhilah

BERLIN, KOMPAS.TV - Pemerintah Jerman mengumumkan peraturan kesehatan dan keselamatan kerja terkait dengan virus corona di negara itu pada Selasa (13/04/2021).

Saah satu aturan yang dirilis yakni perusahaan-perusahaan di Jerman wajib menyediakan tes Covid-19 gratis bagi karyawan mereka.

"Dengan cara ini, kami dapat mencegah rantai penularan, melindungi kesehatan, dan pada akhirnya menghindari penutupan pabrik," kata Menteri Tenaga Kerja Jerman Hubertus Heil dalam pernyataannya seperti dikutip Xinhua, Rabu (14/04/2021)

"Kewajiban baru ini perlu agar seluruh karyawan di perusahaan benar-benar menerima tawaran tes," sambung Heil menegaskan.

Pemerintah Jerman meminta perusahaan-perusahaan kini harus menawarkan tes sedikitnya sekali dalam sepekan bagi semua karyawan yang tidak bekerja sepenuhnya dari rumah.

Karyawan yang lebih berisiko tertular harus menerima tawaran tes dua kali dalam sepekan.

Baca Juga: Rayu Jerman Bermitra Wujudkan Transformasi Digital, Jokowi Katakan Hal Ini Kepada Merkel

Orang-orang menunggu tes COVID-19 di luar sebuah lokasi tes COVID-19 di Berlin, ibu kota Jerman, pada 9 April 2021. (Sumber: Xinhua/Stefan Zeitz)

"Pengujian merupakan tambahan yang diperlukan untuk pengendalian infeksi di tempat kerja dan memberikan keamanan tambahan bagi karyawan," kata pemerintah Jerman.

Biaya tes akan dibayar oleh pemberi kerja namun karyawan tidak diwajibkan untuk menerima tawaran tes.

Kanselir Angela Merkel dalam pidatonya pada Senin (12/04/2021) mengatakan gelombang ketiga mungkin yang paling sulit bagi negaranya.

Untuk mengatasi gelombang tersebut, vaksinasi dinilai menjadi penting. "Vaksinasi menjadi senjata paling penting, sementara tes akan membantu kami membangun jembatan hingga vaksinasi berhasil," jelasnya.

Sementara menurut Robert Koch Institute (RKI), tiga setengah bulan setelah dimulainya kampanye vaksinasi di Jerman, lebih dari 5,1 juta orang telah divaksinasi penuh hingga Senin, menjadikan tingkat vaksinasi negara itu mencapai 6,2 persen.

Baca Juga: Rayu Jerman Bermitra Wujudkan Transformasi Digital, Jokowi Katakan Hal Ini Kepada Merkel



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x