Kompas TV video sinau

Seragam Baru Satpam Berwarna Coklat Mirip Polisi, Apa Alasannya?

Kompas.tv - 14 April 2021, 21:17 WIB
Penulis : Gempita Surya

SOLO, KOMPAS.TV - Ada sedikit perbedaan di seragam baru anggota satuan pengamanan (Satpam). Seragam satpam yang sekarang berwarna coklat, mirip dengan seragam polisi.

Sebelumnya, seragam anggota satpam terdiri dari atasan putih dan bawahan biru tua.

Perubahan seragam dinas harian satpam ini bukan hal baru, karena sebetulnya sudah dimulai sejak Agustus 2020.

Ketentuan perubahan seragam satuan pengamanan tertuang dalam Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pengamanan Swakarsa.

Selain berwarna coklat, seragam baru satpam juga dilengkapi pangkat seperti polisi. Tingkatannya, tanda pangkat pelaksana dengan segitiga satu buah, pelaksana madya dengan segitiga dua buah, dan pelaksana utama dengan segitiga tiga buah.

Lalu, mengapa seragam satpam diubah mirip seragam polisi?

Alasan di balik perubahan seragam satpam ini diharapkan dapat menumbuhkan kebanggaan satpam terhadap profesinya, serta menimbulkan kedekatan emosional dengan Polri.

Hal itu disampaikan oleh Brigjen (Pol) Awi Setiyono yang kala itu menjabat Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri.

"Terjalin kedekatan emosional antara polri dan satpam, menumbuhkan kebanggaan satpam sebagai pengembang fungsi kepolisian terbatas. memuliakan profesi satpam, dan menambah pergelaran fungsi kepolisian di tengah-tengah masyarakat," kata Awi seperti dilansir dari Kompas.com.

Selain itu, warna coklat pada seragam baru satpam merupakan warna netral yang identik dengan elemen bumi. Warna ini dianggap melambangkan kebersahajaan, kehangatan, kejujuran, dan keanggunan.

Berdasarkan Perkap 4/2020 itu, jenis seragam satpam juga bertambah menjadi lima macam yang sebelumnya hanya empat macam.

Kelima jenis seragam satpam tersebut terdiri dari Pakaian Dinas Harian (PDH), Pakaian Dinas Lapangan Khusus (PDL Sus), Pakaian Dinas Lapangan Satu (PDL Satu), Pakaian Sipil Harian (PSH), dan Pakaian Sipil Lengkap (PSL).(*)

Grafis: Joshua Victor



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x