Kompas TV internasional kompas dunia

Biden Telepon Putin Minta Rusia Turunkan Ketegangan dengan Ukraina

Kompas.tv - 14 April 2021, 22:39 WIB
biden-telepon-putin-minta-rusia-turunkan-ketegangan-dengan-ukraina
Presiden Amerika Serikat Joe Biden pada Selasa (13/04/2021) meminta Rusia untuk menurunkan ketegangan dengan Ukraina dalam pembicaraan telepon dengan Presiden Rusia Vladimir Putin, kata Gedung Putih, seperti dilansir Xinhua, Rabu, (14/04/2021) (Sumber: Politico)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Fadhilah

WASHINGTON, KOMPAS.TV - Presiden Amerika Serikat Joe Biden menelepon Presiden Rusia Vladimir Putin pada Selasa (13/04/2021).

Pihak Gedung Putih seperti dilansir Xinhua, Rabu, (14/04/2021), menyebut bahwa Biden meminta Rusia untuk menurunkan ketegangan dengan Ukraina.

Biden menyuarakan keprihatinan atas peningkatan kekuatan militer Rusia yang tiba-tiba di Krimea dan perbatasan Ukraina seraya meminta Rusia mengurangi ketegangan, sebagaimana kata Gedung Putih dalam sebuah pernyataan.

Biden juga menekankan komitmen teguh AS atas kedaulatan dan integritas teritorial Ukraina kepada Presiden Rusia.

Dia juga menjelaskan bahwa AS akan "bertindak tegas dalam membela kepentingan nasionalnya dalam merespons tindakan Rusia, seperti gangguan dunia maya dan campur tangan dalam pemilu."

Pernyataan itu mengatakan bahwa kedua pemimpin tersebut membahas sejumlah masalah regional dan global.

"Termasuk niatan AS dan Rusia untuk melanjutkan dialog stabilitas strategis tentang berbagai kontrol senjata dan masalah keamanan yang muncul, berlandaskan perpanjangan Perjanjian Pengurangan Senjata Strategis Baru (New Strategic Arms Reduction Treaty/New START)" bunyi pernyataan tersebut.

Baca Juga: Biden Pulihkan Bantuan AS untuk Palestina Senilai Rp3,4 Triliun yang Sempat Terhenti di Era Trump

Presiden Amerika Serikat Joe Biden pada Selasa (13/04/2021) meminta Rusia untuk menurunkan ketegangan dengan Ukraina dalam pembicaraan telepon dengan Presiden Rusia Vladimir Putin, kata Gedung Putih, seperti dilansir Xinhua, Rabu, (14/04/2021). (Sumber: Alexei Druzhinin, Sputnik, Kremlin Pool Photo via AP)

Biden juga mengusulkan mengadakan pertemuan tingkat tinggi dengan Putin di negara ketiga dalam bulan mendatang untuk membahas berbagai masalah antara Washington dan Moskow.

Pembicaraan telepon itu dilakukan di tengah meningkatnya ketegangan di Ukraina timur dan pergerakan pasukan Rusia di sepanjang perbatasannya dengan Ukraina.

Gedung Putih pada pekan lalu mengatakan bahwa Rusia telah mengerahkan lebih banyak pasukan di sepanjang perbatasan dengan Ukraina dibanding sejak 2014 ketika konflik di Ukraina timur meletus.

Konflik yang sedang berlangsung telah menewaskan sekitar 14.000 orang dan menyebabkan 40.000 lainnya luka-luka.

Wakil Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Ryabkov pada Selasa mendesak agar negara-negara NATO mengalihkan fokus mereka untuk mengendalikan sentimen agresif Kiev dan memastikan kepatuhan Ukraina terhadap perjanjian Minsk tentang penyelesaian konflik Donbas.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.