Kompas TV nasional update

Sebut Rizieq Shihab Sempat Positif Covid-19 dan Tak Berikan Hasil Swab, Bima Arya Dituding Berbohong

Rabu, 14 April 2021 | 23:15 WIB

KOMPAS.TV - Sidang Rizieq Shihab dalam kasus tes usap di Rumah Sakit Ummi Bogor berlangsung hari ini (14/4/2021)

Salah satu saksi yang dihadirkan adalah Wali Kota Bogor, Bima Arya yang menyebut Rizieq menolak memberikan hasil tes usapnya kepada Satgas Kota Bogor.

Selain Rizieq Shihab, terdakwa kasus tes usap adalah Direktur Rumah Sakit Ummi, Andi Tatat dan Hanif Alatas.

Wali Kota Bogor bersaksi soal proses pemeriksaan kesehatan terhadap Rizieq, hingga dugaan pelanggaran yang dilakukan Rumah Sakit Ummi.

Wali Kota menilai pihak Rizieq dan Rumah Sakit Ummi tidak kooperatif untuk menekan penyebaran covid-19.

Bima Arya menjelaskan, Satgas Kota Bogor ingin meminta data hasil tes usap Rizieq Shihab.

Namun Rizieq menolak memberikan data itu dengan alasan privasi. Meski Wali Kota Bogor menegaskan data tes usap Rizieq tidak untuk dipublikasikan.

Dalam kesaksian, Bima menyampaikan, Rizieq Shihab menyembunyikan catatan medis selama di Rumah Sakit Ummi Bogor kepada publik.

Bima melanjutkan, termasuk Satgas Covid-19 Kota Bogor. Bima mengaku tidak pernah mendapatkan salinan berupa hasil tes usap Rizieq Shihab.

"Saya tidak pernah mendapatkan sampai sekarang," ujar Bima Arya. 

Bima Arya sendiri mengaku mengetahui Rizieq Shihab terkonfirmasi positif Covid-19 saat menjalani pemeriksaan di Direktorat Tindak Pidana Umum (Dittipidum) Bareskrim Polri.

Bima Arya diberitahukan oleh penyidik perihal Berita Acara Pemeriksaan (BAP) Rizieq Shihab.

Sebelumnya, Jaksa mendakwa Rizieq Syihab telah menyebarkan berita bohong terkait hasil tes Covid-19.

Pengacara Rizieq Shihab menanggapi kesaksian Wali Kota Bogor. Pengacara menyoroti soal potensi kerumunan dan keramaian saat Rizieq Shihab dirawat, karena pernyataan Wali Kota yang menginformasikan mantan petinggi FPI itu menjalani perawatan di Rumah Sakit Ummi.

 

Penulis : Anjani Nur Permatasari





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
13:40
DIRJEN KKP SLAMET SOEBJAKTO SEBUT IKAN KERAPU DARI NATUNA JADI FAVORIT EKSPOR SEKTOR KELAUTAN DAN PERIKANAN NASIONAL   TAMAN MARGASATWA RAGUNAN, JAKARTA SELATAN TUTUP DI HARI PERTAMA IDUL FITRI DAN AKAN DIBUKA KEMBALI JUMAT BESOK   PEMPROV DKI TERIMA 5.280 PERMOHONAN SIKM, 2.918 DI ANTARANYA DITOLAK   CEGAH COVID-19, PEJABAT DI PEMERINTAH KOTA YOGYAKARTA TIDAK GELAR “OPEN HOUSE” LEBARAN   GUBERNUR JATENG GANJAR PRANOWO: PERAYAAN IDUL FITRI-KENAIKAN ISA ALMASIH MERUPAKAN BERKAH BAGI INDONESIA   GUBERNUR DKI ANIES BASWEDAN AJAK WARGA UNTUK MENDOAKAN UMAT ISLAM DI PALESTINA   GUBERNUR DKI ANIES BASWEDAN TIDAK ADAKAN ACARA “OPEN HOUSE” SAAT LEBARAN   GUBERNUR DKI ANIES BASWEDAN SEBUT MEMILIH TIDAK MUDIK BUKAN HAL MUDAH SAAT PANDEMI   RAYAKAN LEBARAN DI RUMAH, MENDIKBUD RISTEK NADIEM MAKARIM INGATKAN MASYARAKAT UNTUK PEDULI TERHADAP SESAMA   KETUA SATGAS COVID-19 DONI MONARDO AJAK MASYARAKAT UNTUK TETAP PATUHI PROTOKOL KESEHATAN SAAT LEBARAN   KETUA MPR BAMBANG SOESATYO: IDUL FITRI MERUPAKAN MOMENTUM PERKUAT SOLIDARITAS-SOLIDITAS KEBANGSAAN   KEMENTERIAN ESDM JAMIN KETERSEDIAAN BAHAN BAKAR NASIONAL SELAMA LIBUR LEBARAN AMAN   WALI KOTA BEKASI: GOR PATRIOT CANDRABHAGA BEKASI AKAN DIALIHFUNGSIKAN SEBAGAI LOKASI KARANTINA BAGI PEMUDIK   DINAS PARIWISATA KARAWANG SEBUT HANYA WARGA DENGAN KTP KARAWANG YANG DIIZINKAN MASUK TEMPAT WISATA DI KARAWANG