Kompas TV nasional update

Polemik Vaksin Nusantara Gagasan Terawan: Tak Dapat Izin BPOM Namun Didukung oleh Anggota DPR

Kompas.tv - 14 April 2021, 23:01 WIB

KOMPAS.TV - Sejumlah anggota Komisi IX DPR menjalani penyuntikan Vaksin Nusantara di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta.

Penyuntikan dilakukan ditengah kontroversi Vaksin Nusantara yang belum mendapatkan izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan.

Wakil Ketua DPR, Sufmi Dasco Ahmad, menyebut dukungan perlu diberikan kepada vaksin nusantara yang merupakan karya anak bangsa.

Sufmi juga menyebut, tidak ada kontroversi terkait vaksin yang digagas Mantan Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto tersebut, karena dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi IX, BPOM menyetujui dilakukan uji klinis tahap dua pada Vaksin Nusantara.

Namun, BPOM justru menyebut Vaksin Nusantara belum bisa berlanjut ke tahap uji klinis karena belum memenuhi sejumlah persyaratan.

Tak hanya itu, Kepala BPOM, Penny Kusumastuti Lukito, juga menyatakan tim peneliti Vaksin Nusantara kerap kali mengabaikan hasil evaluasi yang diberikan oleh BPOM.

Vaksin Nusantara belum mendapatkan persetujuan pelaksanaan uji klinis dari BPOM karena dinilai belum sesuai kaidah penelitian.

Namun hari ini (14/4) sejumlah Anggota DPR sudah menjalani uji klinis vaksinasi covid-19 dengan Vaksin Nusantara.  Apa pertimbangannya?

Simak pembahasan selengkapnya dengan Wakil Ketua Komisi IX DPR, Melki Laka Lena berikut ini.
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x