Kompas TV regional berita daerah

Manfaatkan Limbah Kayu Menjadi Hiasan Dinding Yang Cantik

Kompas.tv - 14 April 2021, 18:03 WIB
Penulis : KompasTV Kediri

BLITAR, KOMPAS.TV - Berbagai hiasan dinding yang cantik ini tertata rapi di ruang tamu rumah milik Saifuddin di kelurahan Tajung Sari, kota Blitar. Namun siapa sangka hiasan dinding ini justru terbuat dari bahan baku limbah kayu peti kemas.

Ide usaha kerajinan dinding ini muncul setelah pria 40 tahun tersebut jadi korban pemutusan hubungan kerja akibat pandemi covid 19. Tidak patah semangat, bapak 2 anak itu lalu mencoba peruntungan dengan membuat rak bunga.

Keterbatasan modal yang dimiliki memaksanya untuk menggunakan bahan limbah yang harganya lebih murah. Dengan ketelatenan dan ketukanan, Saifuddin kemudian merangkai kayu bekas peti kemas menjadi berbagai hiasan dinging serta rak bunga.

Tidak disangka, dari bahan baku limbah itu justru tercipta kerajinan yang cantik dan bernilai jual tinggi. Tidak hanya dalam kota namun hiasan dinding Saifuddin telah terjual ke berbagai daerah di Indonesia.

Rata-rata saifuddin kini mampu mendapatkan penghasilan 4 hingga 5 juta rupiah setiap bulannnya. Ia bersyukur meski jadi korban PHK namun kini justru bisa mandiri menjadi seorang pengusaha.

Hiasan dinding kerya saifuddin sendiri dijual mulai dari harga puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah. semua tergantung ukuran dan kerumitan dari karya yang dibuat.

#Blitar #Kerajinan #Hiasan #Limbah #Kayu #BeritaKediri



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x