Kompas TV nasional sosial

Isu Reshuffle Mencuat, Prediksi Pengamat Menguat

Rabu, 14 April 2021 | 17:42 WIB
isu-reshuffle-mencuat-prediksi-pengamat-menguat
Joko Widodo, Presiden Republik Indonesia (Sumber: Sekretariat Presiden)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Usai peleburan Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) disahkan, isu reshuffle muncul ke permukaan. Hal tersebut membuat para pengamat memprediksi siapa orang yang akan mengisi jabatan sebagai Mendikbudristek.

Dilansir dari Tribunnews.com, Direktur Eksekutif Indo Barometer, M Qodari menilai Sekjen Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Abdul Mu'ti, layak dipertimbangkan menjadi kandidat Mendikbudristek.

Menurutnya, nama tersebut sudah pernah masuk sebagai proyeksi menjadi calon Wakil Menteri Pendidikan yang kemudian batal.

“Waktu itu kan diproyeksikan menjadi calon Wakil Menteri Pendidikan tetapi, kan, batal, konon kabarnya karena Muhammadiyah kurang berkenan, sebab dari NU Yaqut Cholil Qoumas menjadi Menteri Agama,” ujarnya.

Baca Juga: Isu Reshuffle Kabinet Jokowi Mencuat Pasca Pengubahan Kementerian

Qodari menilai, Abdul Mu’ti merupakan sosok yang memiliki alam pemikiran moderat dan toleran. Sehingga, sangat relevan untuk menjadi penyemai pemikiran toleran di tengah suburnya paham radikal salah satunya di institusi pendidikan Indonesia.

Selain Qodari, pengamat politik dari Universitas Al Azhar Indonesia (UAI), Ujang Komarudin menilai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim layak kena reshuffle.

Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Eddward S Kennedy





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
13:24
JPU HADIRKAN TIGA SAKSI DALAM KASUS TES USAP DENGAN TERDAKWA RIZIEQ SHIHAB YANG DIGELAR DI PN JAKTIM   SIDANG KASUS TES USAP RS UMMI BOGOR DENGAN TERDAKWA RIZIEQ SHIHAB DILANJUTKAN HARI INI   DALAM OPERASI KETUPAT 2021, SEBANYAK 155.000 PERSONEL GABUNGAN DITEMPATKAN DI 381 POS PENYEKATAN    KORLANTAS POLRI MENAMBAH TITIK PENYEKATAN MUDIK DALAM OPERASI KETUPAT 2021 DARI 333 TITIK JADI 381   KORLANTAS POLRI GELAR OPERASI KETUPAT 2021 PADA 6-17 MEI BERTEPATAN DENGAN KEBIJAKAN LARANGAN MUDIK   ANTISIPASI PEMUDIK, PT JASA MARGA AKAN MELAKUKAN PENYEKATAN DI SEJUMLAH JALAN TOL MULAI KAMIS DINI HARI    PEMPROV RIAU TARIK SELURUH MOBIL DINAS PNS AGAR TAK DIGUNAKAN UNTUK MUDIK   KEMENKES INGATKAN PEMDA UNTUK MEWASPADAI PENINGKATAN KASUS COVID-19 DI WILAYAH MASING-MASING   KEMENKES: 10 PROVINSI ALAMI KENAIKAN KASUS AKTIF COVID-19 DALAM 4 MINGGU TERAKHIR   DIRLANTAS POLDA DIY KOMBES IWAN SAKTIADI WASPADAI MOBIL AMBULANS DISALAHGUNAKAN UNTUK MUDIK LEBARAN   ASDP MERAK MENCATAT 218.982 PENUMPANG MENYEBERANG KE PELABUHAN BAKAUHENI, LAMPUNG, SEJAK 28 APRIL HINGGA 4 MEI 2021   CEGAH KERUMUNAN, JUBIR SATGAS COVID-19 WIKU ADISASMITO MEMINTA MASYARAKAT BERBELANJA DARING JELANG LEBARAN   LARANGAN MUDIK, EPIDEMIOLOG UGM BAYU SATRIA MINTA PEMPROV DKI JAGA KETAT JALAN TIKUS KELUAR MASUK JAKARTA   CEGAH COVID-19, PRESIDEN JOKOWI MINTA PANGDAM & KAPOLDA DI SELURUH DAERAH AWASI KEPULANGAN PEKERJA MIGRAN INDONESIA