Kompas TV nasional sosial

Isu Reshuffle Mencuat, Prediksi Pengamat Menguat

Kompas.tv - 14 April 2021, 17:42 WIB
isu-reshuffle-mencuat-prediksi-pengamat-menguat
Joko Widodo, Presiden Republik Indonesia (Sumber: Sekretariat Presiden)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Eddward S Kennedy

JAKARTA, KOMPAS.TV - Usai peleburan Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) disahkan, isu reshuffle muncul ke permukaan. Hal tersebut membuat para pengamat memprediksi siapa orang yang akan mengisi jabatan sebagai Mendikbudristek.

Dilansir dari Tribunnews.com, Direktur Eksekutif Indo Barometer, M Qodari menilai Sekjen Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Abdul Mu'ti, layak dipertimbangkan menjadi kandidat Mendikbudristek.

Menurutnya, nama tersebut sudah pernah masuk sebagai proyeksi menjadi calon Wakil Menteri Pendidikan yang kemudian batal.

“Waktu itu kan diproyeksikan menjadi calon Wakil Menteri Pendidikan tetapi, kan, batal, konon kabarnya karena Muhammadiyah kurang berkenan, sebab dari NU Yaqut Cholil Qoumas menjadi Menteri Agama,” ujarnya.

Baca Juga: Isu Reshuffle Kabinet Jokowi Mencuat Pasca Pengubahan Kementerian

Qodari menilai, Abdul Mu’ti merupakan sosok yang memiliki alam pemikiran moderat dan toleran. Sehingga, sangat relevan untuk menjadi penyemai pemikiran toleran di tengah suburnya paham radikal salah satunya di institusi pendidikan Indonesia.

Selain Qodari, pengamat politik dari Universitas Al Azhar Indonesia (UAI), Ujang Komarudin menilai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim layak kena reshuffle.

Hal tersebut berdasar pada masih banyak menteri yang lebih ahli untuk mengurus pendidikan, salah satunya dari kalangan Muhammadiyah.

Baca Juga: Isu Reshuffle Kabinet Jokowi Kian Menguat, KSP: Kita Tunggu Minggu Ini



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x