Kompas TV nasional berita utama

Kamis Pekan Depan, Sejumlah Anggota DPR Jalani Vaksinasi Nusantara

Kompas.tv - 14 April 2021, 16:52 WIB
kamis-pekan-depan-sejumlah-anggota-dpr-jalani-vaksinasi-nusantara
Ilustrasi Vaksin Covid-19 (Sumber: LIPI)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV- Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Melkiades Lakalena mengatakan, sejumlah anggota DPR akan menjalani vaksinasi Nusantara pada Kamis, 21 April 2021.

Melkiades mengungkapkan, tahapan yang dijalankan hari ini di RSPAD Gatot Subroto adalah pengambilan darah.

“Kamis depan itu baru nanti disuntik ke masing-masing orang yang tadi pengambilan darah,” kata Melkiades Lakalena, Rabu (14/4/2021).

Melkiades menuturkan, pengambilan darah yang dilakukan hari ini adalah bagian dari awal proses vaksinasi Nusantara.

Baca Juga: Mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo Dukung Vaksin Nusantara: 2 Tahun Lagi, Seluruh Dunia Pakai Ini

“Proses tadi adalah bagian dari awal proses vaksinasi yang menggunakan jenis vaksin Nusantara. Jadi jangan dianggap tadi itu bukan vaksin, itu bagian dari prosesnya,” ujarnya.

Sementara itu, peneliti utama vaksin Nusantara, Kolonel Jonny menuturkan, vaksin buatannya diambil dari sel tubuh orang yang akan divaksinasi.

“Jadi diambil dari sel tubuh kita sendiri, kemudian sel darah putih kita biarkan selama 5 hari. Kemudian setelah 5 hari kita kenalkan kepada protein seperti yang dipunyai oleh protein virus,” tuturnya.

Baca Juga: IDI: Siapa Bisa Menjamin Keamanan Vaksin Nusantara?

“Jadi di situ ada yang disebut dengan protein S atau Spike, dan ini yang menentukan bagaimana virus itu bisa menyerang tubuh kita, jadi protein ini yang kita kenalkan ke sel darah putih,” tambahnya.

Setelah dikenalkan selama 2 hari, sambung Kolonel Jonny, maka sel darah putih akan mempunyai memori terhadap virus covid-19.

Sehingga, pada saat tubuh kita masuk virus covid-19, tubuh kita sudah lebih siap untuk menghadapi covid-19 ini.

“Karena dia sudah tahu dan sudah kenal tidak perlu memproses lagi, mengenali lagi virus itu dulu, kemudian membentuk imunitas seluler tetapi vaksin ini menyediakan imunitas seluler untuk tubuh kita. Itulah kelebihan dari vaksin ini kenapa karena berasal dari tubuh kita sendiri,” ujarnya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x