Kompas TV nasional sosial

Mulai 12 April-11 Mei, Individu dan Instansi Sudah Bisa Menukarkan Uang Baru di Perbankan

Kompas.tv - 14 April 2021, 16:53 WIB
mulai-12-april-11-mei-individu-dan-instansi-sudah-bisa-menukarkan-uang-baru-di-perbankan
Ilustrasi penukaran uang (Sumber: KOMPAS.com / GARRY ANDREW LOTULUNG)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Eddward S Kennedy

JAKARTA, KOMPAS.TV - Dalam rangka menyambut perayaan Idul Fitri 1442 Hijriyah, Bank Indonesia (BI) kembali melayani penukaran uang untuk individu dan instansi.

Sebelum pandemi, penukaran dapat dilakukan di konter penukaran uang di Monas, pelabuhan, dan pasar-pasar.

Namun, demi menekan angka penularan Covid-19 penukaran melalui konter dihentikan. Sebagai gantinya, BI mempersilakan masyarakat untuk melakukan penukaran melalui perbankan.

Baca Juga: Layanan Penukaran Uang untuk Lebaran Mulai 12 April-11 Mei 2021

"Tahun ini kami tidak memberikan layanan secara individual kepada masyarakat. Namun, bisa melakukan penukaran melalui perbankan. Kemudian, perbankan nanti dengan masyarakat," ungkap Kepala Departemen Pengelolaan Bank Indonesia (BI), Marlison Hakim, dalam konferensi pers pada Rabu (14/4/2021).

Penukaran uang melalui layanan perbankan sudah dapat dilakukan mulai 12 April 2021 hingga 11 Mei 2021. Ada 107 bank dengan total 4.608 outlet yang digandeng BI untuk membantu pelayanan penukaran uang. Jumlah tersebut meningkat dari tahun lalu yang mulanya hanya menyediakan 3.7742 outlet.

Selain menerima penukaran secara individu, BI pun meneyediakan layanan penukaran uang secara wholesale. Sehingga, mitra BI seperti lembaga, instansi, korporasi serta perbankan lainnya dapat melakukan penukaran dalam jumlah besar.

"Prinsipnya, BI dan seluruh kantor perwakilan sudah siap melayani penukaran dan penyediaan uang kepada masyarakat, khususnya kepada perbankan." terang Marlison.

Syaratnya mudah, individu ataupun instansi cukup membawa sejumlah uang yang ingin ditukarkan ke outlet-outlet bank pemberi layanan.

"Syaratnya, masyarakat hanya perlu membawa jumlah uang yang ingin ditukar," pungkasnya.

Baca Juga: Tega! Uang Pinjaman Bank Untuk Beli HP Dicuri, Kakek Penarik Becak Ini Menangis Histeris



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.