Kompas TV internasional kompas dunia

Kapalnya Tersangkut di Terusan Suez, Pemilik Ever Given Didenda Rp 13 T

Rabu, 14 April 2021 | 11:29 WIB
kapalnya-tersangkut-di-terusan-suez-pemilik-ever-given-didenda-rp-13-t
Dalam foto yang dirilis oleh Otoritas Terusan Suez, Ever Given, kapal kargo berbendera Panama saat melaju di Terusan Suez, Mesir, Senin 29 Maret 2021. Tim penyelamat pada Senin membebaskan kapal kontainer kolosal itu hingga mengakhiri krisis penyumbatan arteri maritim paling vital di dunia selama hampir seminggu. (Sumber: Suez Canal Authority via AP)

MESIR, KOMPAS.TV- Pengadilan Mesir menjatuhkan denda kepada pemilik Ever Given sebesar 916 juta dollar Amerika Serikat atau sekitar Rp13,3 triliun. Denda itu sebagai kompensasi dari kerugian yang diakibatkan oleh kandasnya kapal kargo berbendera Panama itu di Terusan Suez.

Pengadilan Mesir juga menyita kapal tersebut sampai denda dibayarkan oleh sang pemilik yang berasal dari Jepang, Shoei Kisen Kaisha. Putusan itu dijatuhkan pada Selasa (13/04/2021) waktu setempat.

Media setempat, Al Ahram memberitakan, tagihan sebesar itu termasuk biaya pemeliharaan dan biaya operasi penyelamatan internasional.

Baca Juga: Pembebasan Kapal Ever Given Habiskan Rp 14,5 Triliun, Pemerintah Mesir Rugi Rp 203 Miliar per Hari

Ever Given akhirnya berhasil berlayar kembali pada tanggal 29 Maret dan dipindahkan ke Great Bitter Lake di dekatnya, untuk diperiksa kelayakannya dan dilakukan perbaikan.

Sementara Shoei Kisen Kaisha mengatakan, perusahaan asuransi dan pengacaranya sedang mengerjakan klaim kompensasi, dan menolak berkomentar lebih lanjut.

Perusahaan asuransi perlindungan dan ganti rugi untuk Ever Given, UK Club, mempertanyakan dasar pengenaan denda sebesar itu kepada kliennya.

Penulis : Dina Karina | Editor : Purwanto





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
03:53
ARUS BALIK LEBARAN, PEMKOT JAKARTA TIMUR SEDIAKAN TES ANTIGEN GRATIS    SATGAS COVID-19 PERKETAT PEMERIKSAAN WARGA YANG MELAKUKAN PERJALANAN MELEWATI GERBANG SUMATERA MENUJU JAWA    DISHUB: SIKM BERLAKU UNTUK PELAKU PERJALANAN PERORANGAN SAMPAI 17 MEI 2021    ANGGOTA KOMISI I DPR CHRISTINA ARYANI DUKUNG UPAYA PEMERINTAH BANTU SELESAIKAN AGRESI ISRAEL KE PALESTINA    MENKO PMK: ANTISIPASI ARUS BALIK PEMUDIK BUKAN HANYA DI DKI JAKARTA, TETAPI JUGA DI BEBERAPA KOTA LAIN    BERSIAP HADAPI ARUS BALIK, PEMKOT DEPOK SIAPKAN TES ANTIGEN BAGI PARA PENDATANG    ANTISIPASI PUNCAK ARUS BALIK, KETUA SATGAS: JANGAN ADA PIHAK AMBIL KEBIJAKAN BERBEDA    KETUA SATGAS: SINERGI ANTARA PEMERINTAH PUSAT DAN DAERAH SANGAT PENTING DALAM MENGANTISIPASI ARUS BALIK LEBARAN    KETUA SATGAS DONI MONARDO: DALAM BEBERAPA HARI TERAKHIR PEMERIKSAAN SPESIMEN MENURUN    KETUA SATGAS TEGASKAN KENAIKAN ANGKA KEMATIAN AKIBAT COVID-19 HARUS JADI EVALUASI DI TINGKAT NASIONAL MAUPUN DAERAH    KEMENHUB AKAN PERKETAT PERGERAKAN MASYARAKAT YANG AKAN KEMBALI KE JAKARTA SAAT ARUS BALIK LEBARAN   MENHUB PASTIKAN PEMBANGUNAN PELABUHAN PENYEBERANGAN SAMPALAN DI NUSA PENIDA, BALI, TETAP BERJALAN    MENHUB BUDI KARYA SUMADI TARGETKAN PELABUHAN PENYEBERANGAN SAMPALAN DI NUSA PENIDA SELESAI PADA 2022    KETUA SATGAS DONI MONARDO SEBUT PERSENTASE KEMATIAN AKIBAT COVID-19 DI INDONESIA MENINGKAT