Kompas TV regional berita daerah

Simulasi Pertolongan Korban Kecelakaan dengan Protokol Kesehatan

Rabu, 14 April 2021 | 10:55 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Pemerintah telah melarang masyarakat untuk mudik lebaran, namun sukarelawan dari PMI Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, tetap menggelar simulasi pertolongan kecelakaan dengan menerapkan protokol kesehatan, untuk menghadapi libur lebaran nanti.

Kecelakaan mobil ini merupakan simulasi yang dilakukan oleh 30 sukarelawan PMI Kabupaten Pekalongan. Para sukarelawan mempraktikkan penanganan korban kecelakaan di masa pandemi Covid-19. Sehingga para petugas wajib mengenakan pakaian pelindung (hazmat).

Pemakaian hazmat ini lantaran untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19. Pelatihan dan simulasi penanganan korban kecelakaan dilakukan agar sukarelawan memiliki kemampuan dasar atau keahlian tertentu disaat kondisi darurat.

Meski saat ini  sudah ada keputusan pemerintah tentang aturan mudik lebaran, persiapan sumberdaya manusia dari sukarelawan akan terus ditingkatkan, agar terlatih menghadapi situasi darurat.

"Kita mengantisipasi jika ada kecelakaan yang kami curigai penumpang itu atau keluarga itu membawa virus Covid-19. Sudah kami antisipasi kelengkapan-kelengkapan APD nya, segala sesuatunya sudah kami persiapkan," kata Titis, Kepala Markas PMI Pekalongan.

Menurut rencana selain dilatih dan diberikan praktik, tenaga sukarelawan juga akan dipersiapkan membantu tugas pemerintah dibidang penanganan medis di lapangan.

#Pekalongan #PMI #Covid-19

 

Penulis : KompasTV Jateng





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
22:22
KEPALA DINAS PERHUBUNGAN DKI: SURAT IZIN KELUAR MASUK (SIKM) TIDAK BERLAKU LAGI MULAI SELASA, 18 MEI 2021    GUBERNUR JABAR RIDWAN KAMIL: SAAT INI TIDAK ADA KABUPATEN ATAU KOTA DI JABAR BERSTATUS ZONA MERAH COVID-19    GUBERNUR DKI ANIES BASWEDAN TEGASKAN TIDAK MELARANG WARGA DARI DAERAH UNTUK MASUK JAKARTA    PT KAI: KEDATANGAN PENUMPANG KA JARAK JAUH DI JAKARTA TERPANTAU LANDAI   SEKJEN ORGANISASI PEKERJA NILAI PEMERINTAH PERLU TINJAU ULANG HARGA DAN TARIF PELAYANAN VAKSINASI GOTONG ROYONG   PEMERINTAH TETAPKAN HARGA PEMBELIAN VAKSIN GOTONG ROYONG RP 321.660 PER DOSIS & TARIF PELAYANAN VAKSINASI RP 117.910   OPERASI KETUPAT DIPERPANJANG HINGGA 24 MEI, ADA 14 TITIK PENYEKATAN DI JABODETABEK   POLDA METRO JAYA: OPERASI KETUPAT DALAM PENANGANAN COVID-19 DI MASA LIBUR LEBARAN DIPERPANJANG HINGGA 24 MEI 2021   KASUS KERUMUNAN DI MEGAMENDUNG, JPU TUNTUT RIZIEQ SHIHAB 10 BULAN PENJARA DAN DENDA RP 50 JUTA   KETUA SATGAS: MASYARAKAT BARU BISA MERASA NYAMAN APABILA KASUS PENULARAN COVID-19 DAPAT TERUS TERKENDALI   KETUA SATGAS DONI MONARDO: HAMPIR SEMUA WILAYAH PULAU SUMATERA ZONA MERAH DAN ORANYE COVID-19   DINAS PERHUBUNGAN DKI JAKARTA GELAR PENYEKATAN PERGERAKAN ORANG SAMPAI 24 MEI 2021   DISHUB DKI PASTIKAN KEAMANAN PELAYARAN WISATA DARI JAKARTA MENUJU KEPULAUAN SERIBU   ANTISIPASI LONJAKAN COVID-19, PEMKOT TANGERANG SIAPKAN ENAM RUMAH ISOLASI TERKONSENTRASI (RIT)