Kompas TV religi beranda islami

Meletakan Niat Ketika Shalat

Rabu, 14 April 2021 | 06:31 WIB

Niat adalah salah satu syarat sah shalat. Difinisi niat adalah sengaja melakukan shalat yang akan ia kerjakan dan menentukannya dengan hati, tidak disyari’atkan melafazhkannya.

Karena Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam sebagai panutan kita tidak melafadzkannya. Beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam langsung mengucapkan “Allahu Akbar” dan tidak membaca sesuatu apapun sebelumnya.

Kemudian bila dikembalikan kepada pengertian niat secara bahasa, maka niat adalah bermakna kehendak yang ada dihati. Jadi niat itu letaknya dalam hati dan tidak diucapkan. Inilah yang difatwakan oleh para ulama.

Ibnu Abil Izzi rahimahullah menjelaskan bahwa niat tidak pernah diucapkan oleh imam yang empat, hanya sebagian ulama muta’khirin mengatakan itu wajib.

Hal ini pula yang mengakibatkan adanya ikhtilaf diantara sebagian ulama.

 

Wallahu'alam bis shawab
 

Penulis : Agung Pribadi





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
12:19
MENKO PMK MUHADJIR EFFENDY PASTIKAN PEMERINTAH BERI BANTUAN KEBUTUHAN POKOK BAGI WARGA NTT TERDAMPAK BENCANA   MENKO PMK MUHADJIR EFFENDY KLAIM ANGKA “STUNTING” DI NUSA TENGGARA TIMUR MENURUN   DJP MENCATAT JUMLAH SPT TAHUNAN MENCAPAI 12.481.644 PER 30 APRIL 2021 ATAU NAIK 13,3 PERSEN DIBANDING TAHUN LALU   HARGA JUAL EMAS PT ANTAM PADA HARI INI BERADA DI ANGKA RP 930.000 PER GRAM   DUBES RI IZA FADRI PASTIKAN WNI DI MYANMAR AMAN SEUSAI LEDAKAN BOM PADA PEKAN LALU   BKN BELUM TETAPKAN JADWAL SELEKSI CPNS DAN PEGAWAI PEMERINTAH DENGAN PERJANJIAN KERJA (PPPK) NON-GURU 2021   WALI KOTA DEPOK MOHAMMAD IDRIS MINTA PERUSAHAAN MEMBAYARKAN THR KEPADA KARYAWAN PALING LAMBAT 7 HARI SEBELUM LEBARAN   GUBERNUR DKI ANIES BASWEDAN TENGAH PERTIMBANGKAN PELAKSANAAN SHALAT IDUL FITRI DI TENGAH PANDEMI COVID-19   22 WARGA KELURAHAN MURTIGADING, BANTUL, YOGYAKARTA, POSITIF COVID-19 DARI KLASTER SHALAT TARAWIH DI MASJID   PB IDI MEMINTA IMPLEMENTASI LARANGAN MUDIK LEBARAN YANG AKAN DITERAPKAN MULAI 6-17 MEI 2021 HARUS DIPERTEGAS   PT KAI AKAN MENELITI DENGAN CERMAT SELURUH DOKUMEN CALON PENUMPANG DI MASA PELARANGAN MUDIK 6-17 MEI 2021   IMBAS STASIUN TANAH ABANG DITUTUP, PT KAI SEBUT PENUMPANG KRL DI STASIUN KARET MELONJAK 73 PERSEN   ANTISIPASI KEPADATAN PENGUNJUNG, DITLANTAS POLDA METRO JAYA AKAN BUKA TUTUP JALAN DI KAWASAN PASAR TANAH ABANG   KAPOLRI INSTRUKSIKAN KAPOLDA MELAKUKAN PENGAMANAN & PERKETAT PENGAWASAN PENERAPAN PROKES DI DESTINASI WISATA