Kompas TV nasional sosial

Mengenal Digital Kakorlantas Polri, Aplikasi yang Bisa Perpanjang SIM Sambil Selonjoran di Rumah

Rabu, 14 April 2021 | 06:00 WIB
mengenal-digital-kakorlantas-polri-aplikasi-yang-bisa-perpanjang-sim-sambil-selonjoran-di-rumah
fitur SIM Nasional Presisi atau Sinar dalam aplikasi Digital Kakorlantas Polri (Sumber: Digital Kakorlantas Polri)

JAKARTA, KOMPAS.TV – Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo meresmikan aplikasi yang memudahkan masyarakat dalam membuat atau  memperpanjang  Surat Izin Mengemui (SIM).

Aplikasi tersebut bernama "Digital Kakorlantas Polri". Di dalam aplikasi tersebut terdapat fitur SIM Nasional Presisi atau Sinar.

Dengan Sinar pelayanan perpanjang maupun pembuatan SIM dapat dilakukan secara online, di mana saja dan kapan saja. Bahkan bisa sambil selonjoran atau rebahan di rumah.  

Baca Juga: Bikin dan Perpanjang SIM Gratis Segera Bisa Dinikmati, Ini Bocorannya

"Hari ini, masyarakat Indonesia baik yang di dalam maupun di luar negeri kita harapkan bisa mendapatkan pelayanan perpanjangan SIM dari rumah atau di mana masyarakat berada,  cukup dengan menggunakan aplikasi Samsat digital nasional atau Sinar yang ada di handphone," ujar Kapolri Listyo Sigit saat peluncuran Sinar, Selasa (13/4/2021).

Kapolri Listyo Sigit menjelaskan tujuan pembangunan aplikasi ini untuk mempermudah pelayanan masyarakat dalam pembuatan SIM.

Tak hanya itu, setelah SIM jadi, masyarakat tidak perlu lagi mengantre. SIM bakal dikirimkan ke alamat pemohon.

Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Iman Firdaus





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
00:13
SEBANYAK 13 ABK ASAL FILIPINA POSITIF COVID-19 SAAT AKAN BERLABUH DI PELABUHAN TANJUNG INTAN, CILACAP, JATENG   PEMKAB GARUT BEKERJA SAMA DENGAN LIPI KELOLA OBYEK WISATA DANAU SITU BAGENDIT DI KECAMATAN BANYURESMI   LAKUKAN PELACAKAN, PEMKOT TANGSEL PASTIKAN BELUM ADA TEMUAN KASUS BARU INFEKSI KORONA B1617   HARI KEDUA PELARANGAN MUDIK, POLRES TANGERANG KOTA: 58 KENDARAAN DIPAKSA PUTAR BALIK   DISHUB DKI: 515 ORANG MENGAJUKAN PERMOHONAN SIKM, 137 DITOLAK   PEMPROV DKI PUTUSKAN TEMPAT WISATA DI JAKARTA TETAP DIBUKA SAAT LIBUR LEBARAN   LIPI: JIKA PENDEKATAN MILITER TERPAKSA DILAKUKAN, PERLU CARA AGAR TIDAK BANYAK WARGA SIPIL JADI KORBAN   LIPI SEBUT PENDEKATAN NON-MILITERISTIK DIBUTUHKAN DALAM MENYELESAIKAN MASALAH DI PAPUA   LIPI KHAWATIR PELABELAN KKB SEBAGAI TERORIS AKAN MENUTUP DIALOG   LIPI MENILAI PELABELAN KKB SEBAGAI TERORIS TINGKATKAN KONFLIK DAN TIDAK SELESAIKAN MASALAH DI PAPUA   KPK EKSEKUSI MANTAN ANGGOTA BPK RIZAL DJALIL KE LAPAS KELAS IIA CIBINONG, BOGOR   ICW MENILAI KPK MEROSOT SECARA TERSTRUKTUR SEJAK 2019   MANTAN KETUA KPK BUSYRO MUQODDAS: SELAMA INI TIDAK PERNAH ADA FANATISME KELOMPOK AGAMA APA PUN DI KPK   MANTAN KETUA KPK BUSYRO MUQODDAS MEMBANTAH TUDINGAN YANG MENYEBUT ADA KELOMPOK TALIBAN DI TUBUH KPK