Kompas TV nasional agama

Polisi Terus Buru KKB, Ini Janji Kapolda Papua: Kami Tidak Akan Mundur, Cari dan Tangkap

Rabu, 14 April 2021 | 02:32 WIB
polisi-terus-buru-kkb-ini-janji-kapolda-papua-kami-tidak-akan-mundur-cari-dan-tangkap
Helikopter milik PT Ersa Air yang dibakar oleh KKB di Bandara Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua, Minggu (11/4/2021). (Sumber: Dok Humas Polres Puncak)

PAPUA, KOMPAS.TV- Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) terus membuat ulah di Papua dan polisi pun terus melakukan perburuan terhadap kelompok yang kerap menebar teror ke masyarakat itu.

Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D Fakhiri pun berjanji pihaknya akan terus mencari dan menangkap kelompok bersenjata separatis Papua.

Dia menyebut kelompok ini merupakan pelaku serangkaian aksi kekerasan di Beoga dan Ilaga, Kabupaten Puncak, belakangan ini.

Baca Juga: KKB Papua Bakar Helikopter Usai Sempat Baku Tembak dengan Satgas Nemangkawi

"Tentu kami akan kejar terus mereka. Mereka ini melanggar hukum. Aparat Kepolisian dan TNI tidak akan mundur selangkahpun untuk menegakkan aturan. Kita akan cari dan tangkap mereka," kata Fakhiri, di Timika, Selasa (13/4/2021).

Ia mengungkapkan, pihaknya mendapat informasi bahwa KKB dari berbagai wilayah di pegunungan Papua mendapatkan perintah dari pimpinan KKB Lek Gakak Telenggen untuk berkumpul di Ilaga, Ibu Kota Kabupaten Puncak. Agenda utama kelompok bersenjata itu untuk menyelesaikan persoalan adat perang suku.

"Rombongan yang dari Beoga itu juga mau berkumpul ke Ilaga. Tapi, mengapa mereka melakukan hal-hal yang melewati batas perikemanusiaan dengan menembaki guru-guru yang bertugas di sana," ujar Fakhiri.

Penulis : Gading Persada





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
12:07
DIRJEN KKP SLAMET SOEBJAKTO SEBUT IKAN KERAPU DARI NATUNA JADI FAVORIT EKSPOR SEKTOR KELAUTAN DAN PERIKANAN NASIONAL   TAMAN MARGASATWA RAGUNAN, JAKARTA SELATAN TUTUP DI HARI PERTAMA IDUL FITRI DAN AKAN DIBUKA KEMBALI JUMAT BESOK   PEMPROV DKI TERIMA 5.280 PERMOHONAN SIKM, 2.918 DI ANTARANYA DITOLAK   CEGAH COVID-19, PEJABAT DI PEMERINTAH KOTA YOGYAKARTA TIDAK GELAR “OPEN HOUSE” LEBARAN   GUBERNUR JATENG GANJAR PRANOWO: PERAYAAN IDUL FITRI-KENAIKAN ISA ALMASIH MERUPAKAN BERKAH BAGI INDONESIA   GUBERNUR DKI ANIES BASWEDAN AJAK WARGA UNTUK MENDOAKAN UMAT ISLAM DI PALESTINA   GUBERNUR DKI ANIES BASWEDAN TIDAK ADAKAN ACARA “OPEN HOUSE” SAAT LEBARAN   GUBERNUR DKI ANIES BASWEDAN SEBUT MEMILIH TIDAK MUDIK BUKAN HAL MUDAH SAAT PANDEMI   RAYAKAN LEBARAN DI RUMAH, MENDIKBUD RISTEK NADIEM MAKARIM INGATKAN MASYARAKAT UNTUK PEDULI TERHADAP SESAMA   KETUA SATGAS COVID-19 DONI MONARDO AJAK MASYARAKAT UNTUK TETAP PATUHI PROTOKOL KESEHATAN SAAT LEBARAN   KETUA MPR BAMBANG SOESATYO: IDUL FITRI MERUPAKAN MOMENTUM PERKUAT SOLIDARITAS-SOLIDITAS KEBANGSAAN   KEMENTERIAN ESDM JAMIN KETERSEDIAAN BAHAN BAKAR NASIONAL SELAMA LIBUR LEBARAN AMAN   WALI KOTA BEKASI: GOR PATRIOT CANDRABHAGA BEKASI AKAN DIALIHFUNGSIKAN SEBAGAI LOKASI KARANTINA BAGI PEMUDIK   DINAS PARIWISATA KARAWANG SEBUT HANYA WARGA DENGAN KTP KARAWANG YANG DIIZINKAN MASUK TEMPAT WISATA DI KARAWANG