Kompas TV cerita ramadan kalam

Bagaimana Cara Rasulullah Menata Rambut?

Rabu, 14 April 2021 | 01:45 WIB
bagaimana-cara-rasulullah-menata-rambut
Rasullah SAW (Sumber: Islami.co)

SOLO, KOMPAS.TV- Agama Islam sudah sangat jelas menganjurkan adanya kebersihan dan keindahan. Bahkan Rasullah bersabda bahwa Allah itu indah dan menyukai keindahan.

Begitu pula kebersihan, seringkali dikatakan bagian dari iman. Karenanya, Rasulullah sedari dulu mencontohkan bagaimana hidup bersih dan rapi. Termasuk dalam hal menata rambut.

Hal ini seperti tertulis dalam kitab Syamail Muhammadiyah karya Imam al-Tirmidzi. Pada kitab tersebut disebutkan sejumlah kebiasaan-kebiasan Rasullah dalam menjaga kebersihan terutama menata dan menyisir rambut.

Baca Juga: Ramadan Tahun Ini, Muslim Turki Diminta Berbuka Puasa dan Salat Tarawih di Rumah

Bahkan, Rasulullah mengingatkan bila ada orang yang rambutnya acak-acakan dan tidak disisir.

Dalam sebuah hadis dijelaskan bahwa:

“Rasulullah SAW datang kepada kami, beliau melihat seorang laki-laki yang rambutnya acak-acakan, Rasulullah berkata: apakah dia tidak menemukan sesuatu yang bisa merapikan rambutnya. Kemudian beliau juga melihat laki-laki lain yang pakaiannya kotor, Rasulullah bersabda: apakah dia tidak menemukan air yang bisa membersihkan bajunya.”

Penulis : Gading Persada





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
14:06
SAINGI LIVERPOOL, MANCHESTER CITY TERTARIK DATANGKAN PEMAIN BRIGHTON, YVES BISSOUMA   DIINCAR MANCHESTER UNITED, EINTRACHT FRANKFURT SIAP LEPAS ANDRE SILVA   LIVERPOOL PRIORITASKAN KONTRAK BARU UNTUK VIRGIL VAN DIJK   WHO SETUJUI PENGGUNAAN VAKSIN COVID-19 SINOPHARM UNTUK PENGGUNAAN DARURAT    PASAR TANAH ABANG DITUTUP SEMENTARA PADA 12-18 MEI 2021 UNTUK LIBUR LEBARAN DAN PERAWATAN GEDUNG    PEMKAB GARUT BEKERJA SAMA DENGAN LIPI KELOLA OBYEK WISATA DANAU SITU BAGENDIT DI KECAMATAN BANYURESMI   CEGAH PENYEBARAN COVID-19, CANDI BOROBUDUR TUTUP SEMENTARA UNTUK KUNJUNGAN WISATAWAN PADA 8-17 MEI 2021   BADAN KETAHANAN PANGAN KEMENTAN JAMIN STOK DAGING SAPI UNTUK LEBARAN AMAN   DINSOS YOGYAKARTA LANJUTKAN BANTUAN LOGISTIK BERUPA MAKANAN SIAP SAJI KE PASIEN COVID-19 ISOLASI MANDIRI   KOMNAS HAM: PELABELAN TERORIS TERHADAP KKB DI PAPUA AKAN DAPAT PERHATIAN LEBIH BESAR DIEVALUASI RUTIN PBB   MENLU RETNO MARSUDI: TOTAL 6.410.500 DOSIS VAKSIN ASTRAZENECA JALUR COVAX TELAH DITERIMA INDONESIA   VAKSIN COVID-19 TAHAP KE-11 TIBA, TOTAL 75,9 JUTA DOSIS VAKSIN COVID-19 SUDAH DITERIMA INDONESIA   INDONESIA DORONG KESETARAAN AKSES VAKSIN COVID-19 BAGI SEMUA NEGARA   MENLU: RI DUKUNG PENGHAPUSAN HAK PATEN VAKSIN COVID-19 GUNA MENDORONG KAPASITAS PRODUKSI DUNIA TERHADAP VAKSIN